Konflik Antar Suporter Sepak Bola” Studi Tentang Fungsi Konflik Dalam Konflik Suporter Sepak Bola Aremania Dengan Bonek.

Handaru, AchDino (2016) Konflik Antar Suporter Sepak Bola” Studi Tentang Fungsi Konflik Dalam Konflik Suporter Sepak Bola Aremania Dengan Bonek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rivalitas suporter Aremania dan Bonek telah terjadi lama. Tidak jarang rivalitas tersebut mengarah pada konflik yang mengarah pada bentrok atau kekerasan. Bahkan konflik yang telah lama terjadi tidak kunjung selesai sampai saat ini. Hal ini dikarenakan adanya perilaku yang tidak ingin kalah antara satu sama lain dan juga perasaan dendam yang tidak bisa diredam hingga muncul pembalasan-pembalasan. Selain itu pemahaman tentang konflik yang salah dan menyebar hingga ke grass root juga menjadi salah satu penyebab. Upaya perdamaian juga telah dilakukan, akan tetapi konflik antara Aremania dan Bonek tidak juga berhenti. Meskipun banyak kerugian yang menimpa banyak pihak, akan tetapi dibalik konflik tersebut juga memiliki fungsi yang positif. Baik bagi pihak yang berkonflik yakni Aremania, Bonek, serta pihak diluar kedua suporter tersebut. Bagi kedua suporter fungsi yang paling terlihat adalah bahwa konflik semakin meningkatkan hubungan antar anggota. Sedangkan fungsi positif konflik Aremania dan Bonek bagi media dan klub adalah dari keuntungan ekonomi yang di dapat. Peneliti mencoba merefleksikan apa yang di temukan di lapangan, dengan proposisi-proposisi fungsi konflik yang dikemukakan Lewis Alfred Coser. Tidak seluruh proposisi fungsi konflik yang diutarakan Coser digunakan peneliti. Peneliti hanya mengambil beberapa proposisi fungsi konflik yang relevan dengan konflik Aremania dan Bonek. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan di kota Surabaya dan Malang. Tepatnya di tempat-tempat yang biasa menjadi titik kumpul masing-masing suporter. Seperti stadion biasanya klub bermain, mess suporter, serta tempattempat umum yang sering digunakan kedua suporter menggelar koordinasi dan melakukan aksi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan pendeskripsian atau penggambaran berbagai situasi, kondisi atau berbagai variabel dan juga kajian kritis terkait dengan konflik antar suporter Aremania dan Bonek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/518/051607827
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:40
Last Modified: 20 Oct 2021 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102419
[thumbnail of ALL_The_Best_fd.pdf]
Preview
Text
ALL_The_Best_fd.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item