Putra, MeyrizkiDwiantono (2016) Students’ Perception toward Different Seat Arrangements in EFL Classroom. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi persepsi siswa tentang siswa kelas delapan dalam pelajaran bahasa Inggris di SMPN 4 Batu. Itu difokuskan pada penggunaan pengaturan kursi yang berbeda di sekolah itu. Penulis ingin mengetahui persepsi siswa terhadap pengaturan kursi yang berbeda. Ada tiga masalah penelitian, yaitu: (1) Apa jenis pengaturan kursi yang digunakan di kelas, (2) Apa efek dari pengaturan kursi terhadap kegiatan pembelajaran, dan (3) Apa itu persepsi siswa terhadap pengaturan kursi yang berbeda digunakan di kelas mereka. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif di mana 24 tahun kedelapan siswa di berbagai tingkat pencapaian dan kelas yang berbeda dipilih untuk menjadi peserta penelitian. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara dengan guru bahasa Inggris, dan kuesioner. Penulis memiliki wawancara informal dengan guru bahasa Inggris untuk mengetahui latar belakang guru dan pertimbangan guru dalam menggunakan pengaturan kursi yang berbeda di kelas EFL, penulis mengambil tiga kali pengamatan, menggunakan daftar periksa observasi. Kemudian, peneliti telah memberikan kuesioner kepada para peserta untuk mengetahui persepsi mereka terhadap pengaturan kursi yang berbeda. Penulis menemukan bahwa pengaturan kursi yang digunakan di SMPN 4 Batu tertib baris pengaturan kursi (ORSA) dan pengaturan kursi meja yang terpisah. Guru bahasa Inggris juga menggunakan jenis pengaturan kursi meja yang berbeda, yang pertama adalah bentuk-U yang dimodifikasi untuk grup Atau pengaturan kursi meja terpisah, yang kedua adalah kursi kelompok besar untuk 8-9 siswa. Pengaturan kursi memiliki banyak efek berbeda terhadap kegiatan belajar bahasa Inggris. Persepsi siswa terhadap pengaturan kursi yang berbeda positif. Para siswa dari tingkat pencapaian yang berbeda memiliki persepsi yang berbeda terhadap pengaturan kursi. Poin paling penting adalah bahwa siswa lebih suka menggunakan pengaturan kursi meja yang terpisah atau pengaturan kursi kelompok daripada pengaturan kursi baris tertib. Guru bahasa Inggris perlu mendapatkan pengetahuan dan wawasan lebih lanjut tentang menangani masalah pada ORSA atau pengaturan kursi meja yang terpisah untuk mendapatkan kegiatan belajar yang lebih baik.
English Abstract
This research identifies students’ perception of the Eighth year students in English lesson at SMPN 4 Batu. It was focused on the use of different seat arrangements in that school.The writer wanted to know the students perception toward different seat arrangements. There are three problems of the study, namely: (1) what are kinds of seat arrangements used in class, (2) what are effects of the seat arrangements toward the learning activities, and (3) what is students perception toward different seat arrangements used in their class. This research employed descriptive qualitative in which 24 eighth year students across different achievement levels and different classes were selected to be the participants of the study. The data were collected through observations, interview with the English teacher, and questionnaire. The writer had an informal interview with the English teacher in order to know the teacher’s background and teacher’s consideration in using different seat arrangements in EFL classroom The writer took three times observations, using observation checklist. Then, the researcher had given questionnaire to the participants to know their perception toward different seat arrangements. The writer found that the seat arrangements used at SMPN 4 Batu were orderly rows seat arrangement (ORSA) and separate table seat arrangement.The English teacher also used a different kind of separate table seat arrangement, the first was a modified U-shape for group or separate table seat arrangement, the second was a big group seat for 8-9 students. The seat arrangements had many different effects toward English learning activities.The students perception toward different seat arrangements were positive. The students from different achievement level have different perception toward seat arrangements. The most important point was that students prefer to use separate table seat arrangement or group seat arrangement rather than orderly rows seat arrangement. The English teacher needs to get knowledge and insight more about handling the problem on ORSA or separate table seat arrangement to get a better learning activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/500/051607809 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 09:26 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102400 |
Preview |
Text
MEYRIZKI_DWIANTONO_P_-_125110500111023_-_STUDENTS_PERCEPTION_TOWARD_DIFFERENT_SEAT_ARRANGEMENT.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |