Film Jagal: Melawan Propaganda Hitam Terhadap Partai Komunis Indonesia Pada Masa Rezim Orde Baru

Hadisto, Erryan (2018) Film Jagal: Melawan Propaganda Hitam Terhadap Partai Komunis Indonesia Pada Masa Rezim Orde Baru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini diawali oleh adanya sebuah film berjudul Jagal atau Act Of Killing yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer yang menceritakan tentang pemunuhan massal 1965-1966 pada masa rezim Orde Baru yang diceritakan langsung oleh pelaku sejarah. Sementara itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan melakukan wawancara terhadap aktivis yang konsen terhadap eks Partai Komunis Indonesia dan juga pengamat film serta pengamat politik. Dengan menggunakan metodologi Arkeologi dan metodologi Geneanologi oleh Michel Foucalt, untuk mencari propaganda-propaganda yang terkuak pada film Jagal tersebut dan kontinuitas dan diskontinuitas dari propaganda yang terdapat pada film Jagal tersebut. Hasil dalam penelitian ini merujuk pada adanya propaganda dalam film tersebut yang terungkap dan bagaimana kontinuitas dan diskontinuitas nya pada masa sekarang. Masalah yang ada adalah film Jagal ini dilarang dan tidak diperbolehkan tayang di Indonesia. Dengan kata lain, film ini membuat suatu kontroversi yang sebenarnya film Jagal ini bisa menjadi suatu kebeneran sejarah.

English Abstract

This research started by upcoming movie called Jagal or The Act Of Killing directed by Joshua Oppenheimer that tells a story of mass killings in 1965-1966 in the new order and directly told by the actor of history. Meanwhile this research use qualitative by interview with activist that oncern with ex-Partai Komunis Indonesia, Movie Goers and Politic observer. Using metoology Archeology and Metodology Geneanology by Michel Foucalt for searching the clue of propaganda in Film Jagal and the continuity and discontinuity from the propaganda that are dound in this movie. The result of this research are open the possibility that are many of propaganda in the film Jagal and how dicontinue and continuity in mean time. The problem of this research is film Jagal forbidden to play at theatre in Indonesia. In other word, this movie invite controversy that in fact this movie brings some truth about dark history of Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/93/051802549
Uncontrolled Keywords: Propaganda, Partai Komunis Indonesia, Film Jagal..
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.014 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 May 2018 07:06
Last Modified: 18 Oct 2021 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10238
[thumbnail of Erryan Hadisto.pdf]
Preview
Text
Erryan Hadisto.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item