Pengaruh Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Kampung Hindu Desa Sukodadi Kabupaten Malang Terhadap Kerukunan Hidup Umat Beragama

Safitri, PrasticaSylva (2016) Pengaruh Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Kampung Hindu Desa Sukodadi Kabupaten Malang Terhadap Kerukunan Hidup Umat Beragama. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerukunan menjadi hal yang paling mendasar dalam hidup bermasyarakat, tidak dapat dibayangkan jika kita hidup bermasyarakat dengan tidak mempunyai sikap saling mengerti atau menghargai, dan merasa bahwa agamanya paling benar. Di Desa Sukodadi Kabupaten Malang, warga hidup dalam satu wilayah yang dulunya hampir seluruh warga bergama Islam, namun kini warga menganut agama yang berbeda-beda, yaitu agama Islam, Kristen dan Hindu. Dengan berbagai macam agama yang dianut oleh warga masyarakat, menjadikan desa tersebut memiliki sebutan dengan nama Kampung Hindu,hal ini tentunya tidak terlepas dari adanya perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat. Sehingga, diperlukan adanya rembug warga untuk saling memusyawarahkan berbagai macam kegiatan di desa, bersama dengan warga yang berbeda agama. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan perubahan yang terjadi di Desa Sukodadi serta mendidkripsikan kerukunan yang terjadi di Desa Sukodadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipatif dan wawancara. Kerukunan merupakan proses dari adanya pengaruh perubahan sosial budaya yang ada di masyarakat. Sedangkan perubahan yang terjadi di masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor pendorong, diantaranya tingkat pendidikan masyarakat Desa Sukodadi, penghayatan agama dalam hidup bersama dan juga struktur kerabat di Desa Sukodadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/483/051607792
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2016 10:44
Last Modified: 20 Oct 2021 08:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102379
[thumbnail of PRASTICA125110801111006.pdf]
Preview
Text
PRASTICA125110801111006.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item