Putri, FiellaGusticaRadieanto (2016) Teaching And Learning English Process For Deaf Students At Smp Diponegoro Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris tidak hanya diajarkan di sekolah biasa, tetapi juga dilaksanakan di sekolah-sekolah khusus. Mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing bagi siswa dengan disabilitas seperti autisme, tuli, keterbelakangan mental, dan lain-lain memiliki beberapa tantangan, itu karena mengajar bahasa Inggris ke siswa normal secara alami sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di SMP Diponegoro Batu. Ada dua masalah spesifik yang perlu diselesaikan, yaitu: (1) Apa metode pengajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris untuk siswa tuli di SMP Diponegoro Batu?. (2) Apa media pengajaran yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris untuk siswa tuli di SMP Diponegoro Batu? Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMP Diponegoro Batu. Selain itu, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris selama tiga pertemuan adalah metode penerjemahan tata bahasa (GTM). Guru juga menggunakan media seperti gambar, kamus, kamus gambar, buku teks, dan papan tulis. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memiliki saran untuk guru bahasa Inggris untuk mencoba atau menerapkan metode lain yang sesuai untuk mengajar Bahasa Inggris untuk siswa tuli. Guru harus menyiapkan rencana pelajaran untuk proses belajar mengajar. Kemudian, sekolah harus memberikan bantuan pengajaran atau penerjemah untuk membantu para guru yang mengajar kelas siswa tuli. Saran terakhir untuk peneliti masa depan, mereka disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih rinci seperti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mencoba dan mencari tahu metode untuk mencoba dan mencari tahu metode yang pantas untuk mengajar siswa tuli.
English Abstract
English is not only taught in regular schools, but also implemented in special schools. Teaching English as a foreign language for students with disability such as autism, deafness, mental retardation, and etc has several challenges, it is because teaching English to normal students is naturally difficult. This research was aimed to find out the teaching and learning English process at SMP Diponegoro Batu. There were two specific problems that need to be solved, namely: (1) What are the teaching methods used to teach English for deaf students at SMP Diponegoro Batu?; (2) What are the teaching media used to teach English for deaf students at SMP Diponegoro Batu? This research used descriptive qualitative design. The subjects of this research were the English teacher at SMP Diponegoro Batu. Moreover, the instruments used in this research were observations sheet, interview guide, and documentation.The result of this research showed that the method used by the English teacher during three meetings was Grammar Translation Method (GTM). The teacher also used the media such as pictures, dictionary, pictures’ dictionary,textbook, and white board. Based on the result of this research, the researcher has suggestion for the English teacher to try or apply other methods that are appropriate to teach English for deaf students. The teacher should prepare the lesson plan for teaching and learning process. Then, the school should provide a teaching assistance or interpreter to help teachers who teach deaf student class.The last suggestion for future researchers, they are suggested to conduct more detailed research such as conducting classroom action research in order to try out and find out methods that would be appropriate to teach deaf students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/475/051607784 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 15:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102370 |
Preview |
Text
Fiella_Gustica_R.P_(125110500111041).pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |