Perbandingan Interaksi Sosial Antara Tokoh Hasumi Yuichi Dan Hoshino Shuusuke Di Dunia Nyata Dan Di Dunia Maya Dalam Film All About Lily Chou Chou Karya Sutradara Shunji Iwai

Setyorini, Rinastiti (2016) Perbandingan Interaksi Sosial Antara Tokoh Hasumi Yuichi Dan Hoshino Shuusuke Di Dunia Nyata Dan Di Dunia Maya Dalam Film All About Lily Chou Chou Karya Sutradara Shunji Iwai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini di Jepang banyak sekali ditemukan kaum muda-mudi yang terlena kedalam kehidupan di dunia maya. Banyak ditemukan, rata-rata kaum muda-mudi ini ternyata menjalani dua kehidupan berbeda, antara di dunia nyata dan di dunia maya. Karena itulah dalam penelitian ini penulis membahas mengenai interaksi sosial antara tokoh Hasumi Yuichi dan Hoshino Shuusuke baik di dunia nyata maupun di dunia nyata yang terjadi dalam film All About Lily Chou Chou. Pada film ini, kedua tokoh utama yaitu Yuichi dan Shuusuke tidak mendapatkan kepuasan dalam kehidupan sosialnya di dunia nyata, sehingga akhirnya kedua tokoh ini berusaha mencari penggantinya, yaitu dengan bersosialisasi di dunia maya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan sosiologi sastra dari Wellek & Werren, yaitu sastra yang mempermasalahkan karya itu sendiri. Selain itu penulis juga menggunakan teori interaksi sosial oleh Gillin & Gillin, teori pelukisan tokoh, serta mise en scene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kontak yang dilakukan, interaksi sosial yang terjadi antara tokoh Hasumi Yuichi dan Hoshino Shuusuke pada dunia nyata termasuk kontak sosial primer. Adapun berdasarkan prosesnya, interaksi sosial yang mereka lakukan termasuk kepada proses disosiatif karena berupa konflik. Sedangkan pada dunia maya berdasarkan kontak yang dilakukan interaksi yang terjadi antara Yuichi dan Shusuke termasuk kontak sosial sekunder karena dilakukan dengan perantara komputer. Adapun berdasarkan prosesnya, interaksi sosial yang terjadi kepada Yuichi dan Shuusuke termasuk kepada proses asosiatif, dengan jenis akomodasi yaitu toleransi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/473/051607782
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2016 12:40
Last Modified: 20 Oct 2021 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102368
[thumbnail of RinastitiSetyorini0911120168.pdf]
Preview
Text
RinastitiSetyorini0911120168.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item