Azis, Abdul (2016) Teaching Speaking At Elfast English Course Kampung Inggris Pare Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan implementasi pengajaran berbicara di jalur bahasa Inggris Elfast Kampung Inggris Pare Kediri. Ada enam variabel yang termasuk dalam penelitian ini, yaitu rencana pelajaran yang digunakan, strategi pengajaran yang digunakan, bahan instruksional yang digunakan, media pengajaran yang digunakan, penilaian berbicara digunakan, dan persepsi siswa terhadap program. Pengaturan penelitian ini adalah pada tiga kelas kelas berbicara untuk tingkat akselerasi tingkat kedua lebih banyak program dengan 24 siswa di kursus bahasa Inggris elfast Kampung Inggris Pare Kediri sebagai rekomendasi dari petugas kursus bahasa Inggris Elfast karena keunikannya. Penelitian ini menggunakan studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi, panduan wawancara untuk guru dan kepala Elfast, dan kuesioner untuk siswa. Instrumen penelitian tersebut diadopsi dari tesis yang telah ditulis oleh Martha (2015). Temuan penelitian dinyatakan sebagai berikut. Pelajaran pembicaraan lebih banyak program mencakup identitas program, langkah-langkah pembelajaran, media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Kegiatan dan strategi berbicara pengajaran yang digunakan adalah berbagai. Kegiatan ini memanaskan kegiatan, presentasi, diskusi, berburu asing, permainan peran, permainan, mendengarkan musik dan bernyanyi bersama. Kerja kelompok, memberikan bahasa yang mudah, memberikan topik yang menarik, memberikan instruksi yang jelas, dan monitor bahasa Inggris adalah strategi yang digunakan. Bahan pengajaran utama yang digunakan adalah buku teks yang disusun oleh tim dari berbicara guru di Elfast. Dikatakan bahwa buku teks digunakan untuk mendukung kegiatan bukan untuk sumber utama pengajaran dan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan beragam, yaitu papan tulis dan spidol papan, satu set kartu, ponsel pintar dan satu set speaker, kertas, kartu identitas, satu set papan untuk game, film, dan lagu. Penilaian yang digunakan sedang berlangsung dan penilaian tes. Para siswa memiliki sikap positif terhadap program yang mencakup strategi pengajaran berbicara, bahan-bahan pengajaran, dan media pembelajaran yang digunakan untuk berbicara lebih banyak program kursus Bahasa Inggris Elfast. Berdasarkan temuan penelitian, ada beberapa aspek yang perlu diambil sebagai pertimbangan untuk peningkatan kualitas pengajaran berbicara di pembicaraan lebih lanjut. Pertama, disarankan bahwa rencana pelajaran yang digunakan di Elfast harus lebih detail dan lebih jelas untuk memiliki proses belajar dan pembelajaran yang lebih baik dan lebih efektif. Kedua, disarankan agar guru harus memberikan lebih banyak kegiatan yang menantang siswa untuk berbicara bahasa Inggris.
English Abstract
This study was conducted to describe the implementation of the teaching of speaking at Elfast English course Kampung Inggris Pare Kediri. There were six variables included in this study, namely the lesson plan used, the teaching speaking strategies used, the instructional material used, the instructional media used, the assessment of speaking used, and the students’ perception toward the program. The setting of the study was at three classes of speaking class for the second level of acceleration stage Talk More program with 24 students at Elfast English course Kampung Inggris Pare Kediri as the recommendation from the officer of Elfast English course because of its uniqueness. This study used a case study. The research instruments used in collecting the data were observation sheet, interview guide for the teacher and the head of Elfast, and questionnaires for the students. Those research instruments were adopted from thesis which had been written by Martha (2015). The findings of the study are stated as follow. The lesson of Talk More program includes identity of the program, learning steps, learning media, and learning materials. The teaching speaking activities and strategies used are various. The activities are warming up activities, presentations, discussions, hunting foreigner, role-play, games, listening to the music and singing together. Group work, giving easy language, giving interesting topics, giving clear instructions, and English monitors are the strategies used. The main instructional material used is a textbook composed by the team from speaking teachers at Elfast. It is stated that the textbook is used to support the activities not for the main source of the teaching and learning. The instructional media used are various, namely a whiteboard and board markers, a set of card, a smart phone and a set of speaker, paper, identity cards, a set of board for games, movie, and song. The assessments which are used are ongoing and test assessment. The students has positive attitude toward the program which includes the teaching speaking strategies, the instructional materials, and the instructional media used at Talk More program of Elfast English course. Based on the findings of the study, there are some aspects that need to be taken as consideration for the improvement of the quality of the teaching of speaking at Talk More program. First, it is suggested that the lesson plan used at Elfast should be more detail and clearer to have a better and more effective teaching and learning process. Second, it is suggested that the teacher should give more activities which challenge the students to speak English.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/468/051607777 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 10:56 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102362 |
Preview |
Text
Abdul_Azis.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |