Communication Strategies In Muhadhoroh Used By Students Of Daar El-Qolam Islamic Boarding School Tangerang

Syarif, AmiraFarhana (2016) Communication Strategies In Muhadhoroh Used By Students Of Daar El-Qolam Islamic Boarding School Tangerang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah menempatkan bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah-sekolah mulai dari tahap awal sekolah hingga pendidikan tinggi. Sekolah yang menjadi objek penelitian adalah Daar El-Qolam Islamic Boarding School, yang menerapkan bahasa Inggris dalam kegiatan kelas harian. Ada beberapa kegiatan yang disediakan oleh sekolah asrama untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Salah satu kegiatan yang siswa wajib diikuti adalah Muhadhoroh. Muhadhoroh adalah kegiatan berbicara yang mengakuisisi para siswa untuk berbicara di depan audiens berdasarkan tema yang telah ditentukan. Namun, ketika seseorang belajar bahasa asing, akan ada banyak perbedaan antara bahasa asing dan bahasa Indonesia yang dapat menyebabkan masalah dalam proses pembelajaran. Peneliti ingin mengamati strategi komunikasi yang sering digunakan oleh mahasiswa Daar El-Qolam Islam Boarding School dengan menerapkan Dörnyei `1995) yang dikombinasikan dengan Dörnyei & Amp. Teori Scott (1997). Ada dua tujuan penelitian dalam melakukan penelitian ini, mereka adalah: (1) untuk mengungkapkan jenis-jenis strategi komunikasi yang digunakan oleh siswa sekolah asrama daar el-qolam. (2) Untuk mengetahui frekuensi jenis strategi komunikasi yang digunakan oleh siswa sekolah asrama Islam Daar El-Qolam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan kamera praktis dan sepuluh prompt dongeng yang berbeda dirancang dan dimodifikasi oleh peneliti sebagai instrumen. Data dikumpulkan dari presentasi oral dalam bahasa Inggris yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, peneliti menemukan 11 jenis strategi komunikasi yang telah digunakan oleh siswa penelitian. Itu adalah pengabaian pesan, perkiraan, penggunaan kata-kata serba guna, koin kata, penggunaan non-linguistik, terjemahan literal, peralihan kode, banding untuk bantuan dan penggunaan pengisi, pengulangan diri dan perbaikan diri. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis strategi komunikasi yang sebagian besar digunakan oleh siswa Daar El-Qolam Islamic Boarding School adalah penggunaan strategi pengisi. Ini menunjukkan bahwa siswa perlu meluangkan waktu untuk membentuk kalimat berikutnya dalam pidato mereka. Peneliti menyarankan peneliti berikutnya yang ingin melakukan penelitian di bidang yang sama untuk menganalisis objek dengan menggunakan teori yang berbeda untuk menghasilkan penelitian yang lebih menarik untuk membantu dalam mendapatkan pemahaman pengetahuan yang lebih baik dalam bidang pembelajaran komunikasi terutama dalam bidang strategi komunikasi.

English Abstract

The government puts English as one of the compulsory subjects which is taught in schools starting from early stage of school to college education. The school that is becoming the object of the research is Daar El-Qolam Islamic Boarding School, which is applying English in daily classroom activities. There are some activities provided by the Boarding School in order to improve the students‟ ability in speaking. One of the activities that the students obligate to follow is Muhadhoroh. Muhadhoroh is a speaking activities which acquires the students to speak in front of the audiences based on the predetermined theme. However, when somebody learns a foreign language, there will be many differences between foreign language and Indonesian language that may cause problems in learning process. The researcher wants to observe communication strategies that often used by student of Daar El-Qolam Islamic Boarding School by applying Dörnyei‟s (1995) combined with Dörnyei & Scott (1997) theory. There are two objectives of the study in conducting this research, they are: (1) To reveal the types of Communication Strategies used by student of Daar El-Qolam Islamic Boarding School; (2) To find out the frequency of Communication Strategies types used by student of Daar El-Qolam Islamic Boarding School. In this study, the researcher used qualitative approach. The researcher used handy camera and ten different storytelling prompt designed and modified by the researcher as the instrument. The data were collected from an oral presentation in English done by the students. Based on the findings of this study, the researcher found 11 types of Communication Strategies that have been used by the students of the study. Those are Message abandonment, Approximation, Use of all-purpose word, Word coinage, Use of Non-linguistic, Literal translation, Code switching, Appeals for help and Use of fillers, Self Repetition and Self Repair. The conclusion of this study shows that the type of communication strategies that are mostly used by the students of Daar El-Qolam Islamic Boarding School is the use of filler strategy. It indicates that the students need to take time to form the next sentence in their speech. The researcher suggests the next researcher who wants to conduct the research in the same field to analyze an object by using different theory to produce more interesting research to help in gaining better knowledge comprehension in second language learning especially in communication strategies field.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/465/051607774
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Sep 2016 14:31
Last Modified: 20 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102359
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item