Speech Disorder As Depicted In A Child With Spastic Cerebral Palsy At Institute For Physically And Mentally Handicapped Children (Ypac) Malang

Ascalonicawati, AdindaPrasty (2016) Speech Disorder As Depicted In A Child With Spastic Cerebral Palsy At Institute For Physically And Mentally Handicapped Children (Ypac) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Institute untuk anak-anak cacat fisik dan mental (Yayasan Pembina Anak Cacat - YPAC) Malang, ada anak-anak yang tidak menguntungkan yang menderita jenis gangguan, salah satunya adalah menderita palsy serebral yang spastik yang kemudian menyebabkan gangguan bicara. Karena dia menderita gangguan bicara, pemahaman bahasanya tidak terlalu penting. Yang penting adalah produksi pidatonya. Dalam penelitian ini, ada satu tujuan untuk mencapai, yaitu untuk mengetahui karakteristik gangguan bicara yang digambarkan pada anak dengan cerebral palsy yang spastik. Penelitian ini menggunakan McCaffrey (2013) dalam ilmu saraf pada seri Web dan Teori Pennington (2012) untuk menganalisis karakteristik ucapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus karena subjeknya sangat khusus, yaitu anak dengan cerebral palsy spastik di Institut untuk anak-anak cacat fisik dan mental (YPAC) Malang. Penelitian ini menemukan 4 data suara yang keras, 4 data suara monoton, 1 data suara bernafas, 1 data nada rendah, 2 data istirahat pitch, 1 data pidato hipernasal dan 2 data ledakan kekerasan. Dari temuan tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa dimas, sebagai subjek dengan cerebral palsy yang spastik, memiliki masalah dengan koordinasi organ bicara. Selanjutnya, Dimas memiliki tingkat bicara yang lambat saat berbicara. Dalam keterampilan membaca dan mengeja, ia juga menunjukkan kesulitannya dalam mengelolanya. Peneliti menyarankan peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian terkait dengan gangguan bicara tetapi dengan kondisi atau penyakit lain yang diderita oleh subjek, seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut atau penyakit Parkinson. Peneliti berikutnya juga berharap untuk melakukan penelitian yang belum diterapkan dalam penelitian ini. Misalnya, menganalisis keterampilan lain dari subjek, seperti keterampilan menulis atau dalam keterampilan pemahaman bahasa.

English Abstract

At Institute for Physically and Mentally Handicapped Children (Yayasan Pembinaan Anak Cacat - YPAC) Malang, there are unfortunate children who are suffering kinds of disorder, one of them is suffering Spastic Cerebral Palsy which then caused speech disorder. Since he suffered speech disorder, his language comprehension is not really matter. What matters is his speech production. In this research, there is one objective to achieve, which is to find out the characteristics of speech disorder depicted in a child with Spastic Cerebral Palsy. This study uses McCaffrey (2013) in The Neuroscience on the Web Series and Pennington (2012) theory to analyze the speech characteristics. This study uses case study approach since the subject is very particular, that is a child with Spastic Cerebral Palsy at Institute for Physically and Mentally Handicapped Children (YPAC) Malang. This study found 4 data of harsh voices, 4 data of monotonous voices, 1 data of breathy voice, 1 data of low pitch, 2 data of pitch breaks, 1 data of hypernasal speech and 2 data of bursts of loudness. From the findings, the researcher takes a conclusion that Dimas, as the subject with Spastic Cerebral Palsy, has problem with speech organs coordination. Furthermore, Dimas has slow speech rate while speaking. In reading and spelling skills, he also showed his difficulties in managing it. The researcher suggests the next researcher to conduct research related with speech disorder but with another condition or diseases suffered by the subject, such as cleft lip or palate or Parkinson’s disease. The next researcher is also hoped to conduct research that is not implemented yet in this current study. For example, analyzing another skill of the subject, such as writing skill or in language comprehension skill.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/463/051607772
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Sep 2016 14:39
Last Modified: 20 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102357
[thumbnail of SKRIPSI-_ADINDA_PRASTY_A..pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-_ADINDA_PRASTY_A..pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item