Maulidha, Ani (2016) Needs Analysis Of Autistic Students In Learning English. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa autis dan masalah mereka dalam belajar bahasa Inggris. Analisis kebutuhan siswa autis dilakukan untuk membantu mereka belajar bahasa Inggris dan untuk memecahkan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMPN 18 Malang. Subjek penelitian ini adalah dua mahasiswa autis yang membuat sekolah menengah pertama yang ketujuh dan kedelapan di tahun akademik 2015/2016. Data juga diperoleh dari dua guru bahasa Inggris dan dua pengawas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan panduan wawancara. Peneliti melakukan triangulasi untuk memeriksa semua data yang telah dikumpulkan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa ada lima masalah yang dihadapi oleh siswa autis dalam belajar bahasa Inggris. Itu adalah konsentrasi yang buruk, kesulitan komunikasi, kurangnya kosakata, kesulitan menyelesaikan tugas tepat waktu, kesulitan mengatur kata-kata ke dalam kalimat yang benar. Dari masalah-masalah itu, ditemukan bahwa ada tiga kebutuhan siswa autis yang harus dipenuhi oleh guru untuk membantu mereka belajar bahasa Inggris. Dukungan wastafel, memperpanjang waktu dalam proses pembelajaran, dan penyelia. Penggunaan dukungan visual dapat melakukan masalah siswa dalam konsentrasi dan kesulitan komunikasi yang buruk. Waktu yang diperpanjang dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa memahami materi dan menyelesaikan tugas mereka. Keberadaan penyelia dapat membantu masalah siswa dalam konsentrasi yang buruk, kesulitan komunikasi, kurangnya kosakata, kesulitan mengatur kata-kata ke dalam kalimat yang benar. Berdasarkan temuan penelitian, ada saran SOMES untuk beberapa pihak. Untuk institusi, akan lebih baik untuk menyediakan lebih banyak media pembelajaran yang akan digunakan oleh para guru dan pengawas. Untuk guru bahasa Inggris, akan lebih baik bagi mereka untuk berinteraksi lebih banyak dengan siswa autis dan menggunakan media pengajaran yang lebih menarik dalam proses belajar mengajar. Untuk penyelia, akan lebih baik bagi mereka untuk menggunakan media pengajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Untuk peneliti lebih lanjut, penelitian ini dapat sebagai referensi dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan kebutuhan siswa autis dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian lebih lanjut dapat lebih detail untuk setiap jenis autisme, yaitu Asperger, autisme klasik, PDD-NOS, sindrom Rett, dan gangguan disintegratif masa kanak-kanak.
English Abstract
This research was aimed to find out the autistic students’ needs and their problems in learning English. The analysis of autistic students’ needs was done to help them to learn English and to solve the students’ problems. This research used descriptive qualitative as the research design. This research was done at SMPN 18 Malang. The subject of this research was two autistic students who wereat the seventh and eighth grade of junior high school in the academic year of 2015/2016. The data was also obtained from two English teachers and two supervisors. The instruments used in this research was observation sheet and interview guide. The researcher did triangulation to crosscheck all data which had been collected. In this research, the researcher found that there were five problems faced by the autistic students in learning English. Those were poor concentration, difficulty of communication, lack of vocabulary, difficulty of finishing task on time, difficulty of organizing words into correct sentences. From those problems, it was found that there were three autistic students’ needs that should be fulfilled by the teacher in order to help them to learn English. Those werevisual support, extended time in learning process, and supervisor. The use of visual support couldsolve the students’ problems in poor concentration and difficulty of communication. The extended time in learning process could help the students understand the material and finish their task. The existence of supervisor could help the student’s problem in poor concentration, difficulty of communication, lack of vocabulary, difficulty of organizing words into correct sentences. Based on the research findings, there are somes suggestions for several parties. For the institution, it will be better to provide more learning media that will be used by the teachers and the supervisors. For the English teachers, it will be better for them to interact more with the autistic students and use more interesting teaching media in the teaching and learning process. For the supervisor, it will be better for them to use more interesting teaching media to increase student’s motivation in learning. For the further researcher, this research can be as the reference in conducting research related with autistic students needs in learning English. The further research can be more detail to each types of autism, namely asperger’s, classic autism, PDD-NOS, rett’s syndrome, and childhood disintegrative disorder.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/452/051607675 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 14:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102345 |
Preview |
Text
Ani_Maulidha_(125110500111024).pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |