Meynard, AndiniRezkyta (2016) Visual Aids For Students With Autism In Vocabulary Mastery At Smp Diponegoro Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Implementasi subjek bahasa Inggris sebagai bahasa asing telah diperluas di sekolah untuk siswa dengan kebutuhan khusus di Indonesia. Salah satu jenis kebutuhan khusus adalah autisme. Siswa dengan autisme memiliki kecacatan perkembangan yang membuat mereka tertunda dalam bahasa dan komunikasi, sehingga juga memiliki efek pada proses pembelajaran bahasa Inggris mereka. Salah satu komponen penting dalam belajar bahasa Inggris adalah kosakata. Penguasaan kosakata yang baik mendukung penguasaan masing-masing keterampilan bahasa, baik reseptif (mendengarkan dan membaca) dan produktif (berbicara dan menulis). Penelitian ini berfokus pada alat bantu visual yang digunakan untuk mengajar penguasaan kosakata bagi siswa dengan autisme di SMP Diponegoro Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua dengan autisme di SMP Diponegoro Batu. Data dikumpulkan dengan memiliki observasi dan wawancara. Dalam analisis data, peneliti menggunakan prosedur analisis data kualitatif, yaitu pengurangan data, tampilan data dan gambar kesimpulan dan verifikasi. Peneliti juga menggunakan triangulasi data dalam menentukan validitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada berbagai macam alat bantu visual yang digunakan oleh guru, yaitu realia, kartu flash, menggambar di papan tulis, gerakan tangan dan kamus gambar dalam mengajar penguasaan kosakata kepada siswa kelas dua dengan autisme di SMP Diponegoro Batu. Peneliti juga menemukan beberapa aspek dalam penguasaan kosakata yang harus diminta oleh siswa dengan autisme, mereka adalah pelafalan / ejaan, bentuk tata bahasa, dan arti kata. Partisipasi siswa di kelas itu baik yang berarti mereka melakukannya dengan baik dalam aktivitas kosa kata dengan minat autisme dan membantu mereka memahami kosakata bahasa Inggris yang diberikan oleh guru. Akhirnya, peneliti menyarankan untuk guru bahasa Inggris dan guru bahasa Inggris umum dalam mengajar penguasaan kosakata, terutama untuk siswa kebutuhan khusus, mereka harus memperhatikan jenis kosakata, tingkat dan karakteristik siswa, dan mencari tahu alat bantu pengajaran yang sesuai. Untuk peneliti lebih lanjut, mereka dapat melakukan penelitian yang berkaitan dengan alat bantu pengajaran untuk mengajarkan keterampilan bahasa Inggris seperti menulis, membaca, berbicara dan mendengarkan siswa dengan autisme.
English Abstract
The implementation of English subject as a foreign language has been extended at schools for students with special need in Indonesia. One of the special need types is autism. Students with autism have developmental disability that make them having delayed in language and communication, so it also has an effect on their English learning process. One of the important components in learning English is vocabulary. Good vocabulary mastery supports mastery of each of the language skills, both receptive (listening and reading) and productive (speaking and writing). This study focuses on visual aids used for teaching vocabulary mastery for students with autism at SMP Diponegoro Batu. This study used descriptive qualitative approach. The subject of this study was the second grade students with autism at SMP Diponegoro Batu. The data were collected by having observation and interview. In data analysis, the researcher used the procedures of the qualitative data analysis, namely data reduction, data display and conclusion drawing and verification. The researcher also used data triangulation in determining validity. The result of this study revealed that there were various kinds of visual aids used by the teacher, namely realia, flashcards, drawing on the whiteboard, hand gestures and picture dictionary in teaching vocabulary mastery to the second grade students with autism at SMP Diponegoro Batu. The researcher also found some aspects in vocabulary mastery that should be required by the students with autism, they were pronunciation/spelling, grammatical form, and word meaning. The students’ participation in the class was good which means they did well in vocabulary activity with autism interest and help them to understand the English vocabulary given by the teacher. Finally, the researcher suggests for the English teacher and general English teacher in teaching vocabulary mastery, especially to special need students, they have to notice types of vocabulary, students’ level and characteristics, and find out the appropriate teaching aids. For further researchers, they could conduct research related to teaching aids for teaching English skills such as writing, reading, speaking and listening for students with autism.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/450/051607673 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 14:14 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102343 |
Preview |
Text
ANDINI_SKRIPSI.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |