Teacher's Efforts to Increase Students' Engagement in English Teaching and Learning Process at SMP Ma'arif Batu

Jariyah, SitiNur (2016) Teacher's Efforts to Increase Students' Engagement in English Teaching and Learning Process at SMP Ma'arif Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makalah ini terutama menggambarkan upaya guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa selama pengajaran bahasa Inggris dan saya mendapatkan proses NG. I N Indonesia, ENGL ISH berdiri sebagai bahasa asing yang menjadi subjek penting yang perlu dikuasai oleh para siswa. Tetapi, faktanya para siswa kurangnya minat dan motivasi dalam belajar bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah itu, guru bahasa Inggris perlu meningkatkan keterlibatan siswa selama proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penulis sebagai peneliti kemudian melakukan penelitian dengan tujuan untuk memberikan deskripsi terperinci tentang upaya yang dibuat oleh guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pengajaran dan pembelajaran dengan menggunakan indikator teori instruksi penghubung yang diusulkan oleh Martin (2010 ). Indikator-indikator tersebut adalah hubungan interpersonal, hubungan substansial dan hubungan pedagogis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian. Subjek penelitian adalah salah satu guru bahasa Inggris di SMP Maarif Batu sebagai subjek utama dan siswa VIII-A kelas sebagai subjek kedua. Guru itu dipilih berdasarkan cara dia mengajar dan kelas dipilih berdasarkan ada tiga siswa yang mendapat skor tertinggi tes tengah. Pengamatan kelas tiga kali, wawancara dengan guru dan juga dengan siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data instrumen yang digunakan oleh penulis adalah daftar pemeriksaan observasi, catatan wawancara dan panduan wawancara. Temuan menunjukkan subjek utama memenuhi semua indikator instruksi penghubung. Dari hubungan interpersonal, ditemukan bahwa subjek memiliki keterhubungan interpersonal yang baik dengan para siswa. Dia juga memiliki selera humor dan dinikmati untuk mengajar kaum muda. Dari hubungan substantif, ditemukan bahwa subjek dapat menyeimbangkan antara otoritas dan suasana kelas yang santai. Dia juga bisa menyeimbangkan antara tugas sekolah yang serius dan menyenangkan dengan membuat tugas sekolah menarik dan menyenangkan bagi para siswa. Subjek juga melakukan praktik penilaian luas dan menggunakan berbagai bahan dalam pengajaran. Dari hubungan pedagogis, penulis menemukan bahwa subjek memiliki gaya pengajaran awet muda dan berbagai metode pengajaran yang digunakan. Dia juga menjelaskan pekerjaan dan materi yang jelas dan efektif bagi para siswa. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa subjek memenuhi semua indikator yang diperlukan untuk melibatkan siswa. Penulis menyarankan agar guru dan guru masa depan mengikuti cara subjek dalam melibatkan para siswa. Untuk peneliti masa depan yang akan melakukan penelitian Si Mi I AR, penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi, namun penulis berharap indikator yang digunakan akan didasarkan pada teori terbaru dari melibatkan siswa, juga fokus pada semua jenis keterlibatan. dan mengambil lebih dari satu subjek.

English Abstract

This paper particularly describes the teachers effort to increase students engagement during English teaching and I earni ng process. I n Indonesia, Engl ish stands as a foreign language which becomes a crucial subject that needs to be mastered by the students. But, the fact is the students are lack of interest and motivation in learning English. To solve that problem, English teachers need to increase the students engagement during teaching and learning process. Therefore, the writer as a researcher then conducted a research with the goal to give a detailed description on the efforts that are made by the teacher to increase the students engagement during teaching and learning process by using indicators of Connectives Instruction theory proposed by Martin (2010). Those indicators are Interpersonal Relationship, Substantial Relationship and Pedagogical Relationship. This research used a descriptive qualitative approach with case study as the research design. The subjects are one of the English teachers at SMP Maarif Batu as the main subject and students of VIII-A class as the second subject. The teacher was chosen based on the way he teaches and the class was chosen based on there were three students who got highest score of middle test. Three times class observations, interview with the teacher and also with the students were used to gather the data The instruments used by the writer were an observation check-list, afield notes and an interview guide. The findings showed the main subject met all indicators of Connectives Instruction. From Interpersonal Relationship, it was found that the subject had a good interpersonal connectedness with the students. He also had a sense of humor and enjoyed to teach young people. From Substantive Relationship, it was found that the subject could balance between authority and relaxed classroom atmosphere. He also could balance between serious schoolwork and fun by making the schoolwork interesting and fun for the students. The subject also did broad assessment practices and used variety materials in teaching. From Pedagogical Relationship, the writer found that the subject had a youthful teaching style and used variety of teaching method. He also explained works and materials clearly and effectively to the students. Overall, it can be concluded that the subject met all indicators required to engage the students. The writer suggests for the teachers and future teachers to follow the way of the subject in engaging the students. For future researchers who wi II conduct a si mi I ar research, this study could also be used as a reference, yet the writer expected that the indicators used would be based on the newest theory of engaging students, also focus on all kinds of engagement and take more than one subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/444/051607667
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Sep 2016 08:46
Last Modified: 20 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102336
[thumbnail of coba_tebak_riyah.pdf]
Preview
Text
coba_tebak_riyah.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item