Pengaruh Teknik Catatan Terstruktur terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang.

Nadziroh, Binti Khurotul Ayunin (2016) Pengaruh Teknik Catatan Terstruktur terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis teks berita.Kesulitan tersebut karena guru hanya menerapkan teknik ceramah dan penugasan serta tidak memberikan contoh mengenai cara-cara menyusun berita sesuai struktur dan mengandung unsur 5W+1H.Dari permasalahan tersebut, perlu diterapkan teknik catatan terstruktur untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Tujuan penelitian ini meliputi (1) menjelaskan penerapan teknik catatan terstruktur terhadap pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang (2) mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks berita yang menggunakan teknik catatan terstruktur dengan yang tidak menggunakan teknik catatan terstruktur (3) mengetahui pengaruh penggunaan teknik catatan terstruktur terhadap pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan ancangan eksperimen murni. Desain penelitian ini pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang.Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D (kelas kontrol) dan kelas VIII B (kelas eksperimen).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, uji validitas, dan uji reliabilitas.Analisis data dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perbedaan keterampilan siswa dalam menulis teks berita di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil posttest pada kelas kontrol dan kelas eskperimen diketahui besar thitung (th)sebesar -6.655 dengan df 65. Nilai ttabel (ttb) pada taraf signifikasi 5% dan df 65 sebesar -2.000. Hal ini menujukkan bahwa thitung (th) lebih kecil dari ttabel (ttb) (-6.655 < -2.000). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan teknik catatan terstruktur berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks berita.

English Abstract

Eighth grade students of Junior High School PGRI 01 Singosari Malang hadbeen difficulty in learning of writing news text. The difficult part was caused by teacher who justapplied discourse method and didn’t give examples how the way to make news text based on structure and contain 5W + 1Helements. Based on this problem, it needs the structured note technique to facilitate the students in learning of writing text. The purposed of this study are to (1) describes application of structured note techniquetoward learningto write news textat eighth grade of Junior High School PGRI 01 Singosari Malang (2) determine differences of students' ability in writingnews textwho used a structured note techniqueand without used it (3) determine the effect of structured note techniquetoward learningto write news textat eighth grade of Junior High School PGRI 01 Singosari Malang This research used quantitative research method withpure experimental design.This study used pretest-posttest control group design. The population of this study was all students ateight class of Junior High School PGRI 01 Singosari Malang. The Samples are students at VIII D (control class)and VIII B (experimental class). Technique of data collecting in this study included tests, interviews, validity, and reliability testing. Analysis of data used in this study is normality test, homogeneity testy, and t-test. The research showed differences between students' skills in writing news text at control class and experimental class. It was seen based on the posttest in control class and class experimentation big unknown thitung (th)as -6655 with df 65. Value ttabel (ttb) at the significance level of 5% and amounted to -2 000 65 df.It showed that thitung (th)smaller than ttabel (ttb) (-6655 <-2000). Based on these results indicated that using structured notes technique gave effect or influenced in learning of writing news text.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/438/051607662
Uncontrolled Keywords: pengaruh, teknik catatan terstruktur, menulis teks berita,-influence, structured notestechnique, writing news text
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Sep 2016 15:35
Last Modified: 10 Nov 2021 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102329
[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Full.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item