Bentuk Diskriminasi Dan Kehidupan Etnis Tionghoa Pasca Peristiwa Mei 1998 Dalam Film Sapu Tangan Fang Yin Menggunakan Tinjauan Postkolonial

Dewi, FebrianaCitra (2016) Bentuk Diskriminasi Dan Kehidupan Etnis Tionghoa Pasca Peristiwa Mei 1998 Dalam Film Sapu Tangan Fang Yin Menggunakan Tinjauan Postkolonial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Etnis Tionghoa merupakan salah satu etnis yang tersebar hampir di seluruh negara di dunia. Salah satunya negara Indonesia. Namun etnis Tionghoa di Indonesia umumnya kerap mendapat perlakuan diskriminasi. Diskriminasi etnis Tionghoa di Indonesia memuncak pada saat peristiwa Mei 1998. Peristiwa yang mulanya adalah gerakan tuntutan terhadap penggulingan Presiden Soeharto menjadi serangan terhadap warga sekitar terutama etnis Tionghoa. Peristiwa ini tergambarkan dalam film Sapu Tangan Fang Yin karya Denny JA dan Hanung Bramantyo. Film ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk diskriminasi dan kehidupan etnis Tionghoa pasca peristiwa Mei 1998. Penelitian kali ini akan menggunakan jenis metode kualitatif dengan cara mendeskripsikan melalui dialog yang akan dituliskan dalam bentuk teks-teks atau gambar adegan sebagai sumber data utamanya. Hasil penelitian dapat ditemukan sebanyak 12 bentuk diskriminasi dan upaya etnis Tionghoa kembali bangkit pasca peristiwa Mei 1998 dalam tinjauan postkolonial. Dalam 12 temuan tersebut dapat di klasifikasikan menjadi sub postkolonial yaitu relasi kuasa, konsep barat-timur, subaltern, ambivalensi, liyan atau other, diaspora dan rasisme. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi yang berkaitan dengan isu-isu permasalahan diskriminasi yang terjadi di suatu negara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/432/051607656
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:59
Last Modified: 20 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102324
[thumbnail of New--Bentuk_Diskriminasi_dan_Kehidupan_Etnis_Tionghoa_Pasca_Peristiwa_Mei_1998_(revisi_final).pdf]
Preview
Text
New--Bentuk_Diskriminasi_dan_Kehidupan_Etnis_Tionghoa_Pasca_Peristiwa_Mei_1998_(revisi_final).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item