Methods in Teaching Speaking at the Seventh Grade Students of MTs Surya Buana Malang Academic Year 2015/2016.

Fahmi, MuhamadMirza (2016) Methods in Teaching Speaking at the Seventh Grade Students of MTs Surya Buana Malang Academic Year 2015/2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

MTS Surya Buana Malang adalah salah satu Madrasah Tsanawiyah terbaik di Malang. Sekolah ini memiliki banyak prestasi dalam bidang berbicara yang terbukti dengan menjadi pemenang beberapa kompetisi seperti pidato, mendongeng, dan juga lebah ejaan, mulai dari wilayah Malang hingga tingkat nasional. Menurut Nunan (2003), salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar yang berhasil adalah metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Kelas 7A MTS Surya Buana Malang adalah kelas terbaik yang memiliki kualitas berbicara yang lebih baik di antara kelas-kelas lain. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui metode yang digunakan oleh guru dan kegiatan berbicara yang diterapkan dalam pengajaran berbicara, juga dampak kepada siswa. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif karena berusaha menganalisis dan menggambarkan metode dalam mengajar berbicara di kelas 7A MTS Surya Buana Malang. Penelitian ini menggunakan pengamatan dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas 7A MTS Surya Buana Malang. Temuan menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh guru selama penelitian ini adalah pengajaran bahasa komunikatif (CLT). Ada beberapa karakteristik CLT yang muncul dalam proses belajar mengajar: peran guru adalah fasilitator, para siswa memiliki tanggung jawab untuk belajar, dan kegiatan kelasnya bermakna bagi para siswa. Selain itu, CLT digunakan untuk mengajarkan kemampuan berbicara siswa, terutama dalam hal menekankan kefasihan dan keakuratan siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan mengoreksi pelafalan siswa. Kegiatan berbicara yang dilakukan adalah simulasi dan permainan peran dan bertindak dari naskah. Kegiatan-kegiatan ini membuat para siswa dapat berlatih berbicara, mendorong kepercayaan mereka untuk berbicara, meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mereka, dan juga meningkatkan kreativitas mereka. Berdasarkan temuan, beberapa saran diberikan. Untuk guru bahasa Inggris, disarankan untuk memaksimalkan metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan memperkaya aktivitas berbicara sehingga siswa akan mendapatkan lebih banyak pengalaman dan minat pada pelajaran. Untuk peneliti lebih lanjut, mereka disarankan untuk melakukan penelitian tentang metode pengajaran untuk keterampilan bahasa Inggris lainnya.

English Abstract

MTs Surya Buana Malang is one of the best Madrasah Tsanawiyah in Malang. This school has a lot of achievements in speaking field that is proven by becoming the winner of some competitions such as speech, storytelling, and also spelling bee, starting from Malang region until National level. According to Nunan (2003), one of the factors that affects the successful teaching and learning process is the method used by the teacher in teaching. 7A class of MTs Surya Buana Malang is the best class that has a better quality of speaking among the other classes. Therefore, the researcher conducted this research to find out the methods used by the teacher and the speaking activities applied in teaching speaking, also the impacts to the students. This research was a case study with qualitative approach as it attempted to analyze and describe the methods in teaching speaking at 7A class of MTs Surya Buana Malang. This research used observations and interviews as methods of data collection. The subjects of this research were the English teacher and the students of 7A class of MTs Surya Buana Malang. The findings showed that the method used by the teacher during this research was Communicative Language Teaching (CLT). There were some characteristics of CLT appeared in the teaching and learning process: the teacher’s role was a facilitator, the students had responsibility to learn, and the classroom activities were meaningful to the students. In addition, CLT was used to teach the students’ speaking ability, especially in terms of emphasizing the students’ fluency and accuracy by giving the students opportunities to speak and correcting students’ pronunciation. The speaking activities conducted were simulation and role-play and acting from a script. These activities made the students able to practice their speaking, encourage their confidence to speak, improve their knowledge and experiences, and also increase their creativity. Based on the findings, some suggestions are given. For the English teacher, it is suggested to maximize the method to improve the students’ speaking ability by enriching the speaking activity so the students will get more experiences and interest to the lesson. For further researchers, they are suggested to conduct a research on the methods of teaching for other English skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/430/051607653
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Sep 2016 15:28
Last Modified: 20 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102322
[thumbnail of Muhamad_Mirza_Fahmi_-_125110500111008_-_Pendidikan_Bahasa_Inggris_-_FIB.pdf]
Preview
Text
Muhamad_Mirza_Fahmi_-_125110500111008_-_Pendidikan_Bahasa_Inggris_-_FIB.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item