Methods of Teaching Grammar at Elfast course Pare Kediri.

Aulia, Insantri (2016) Methods of Teaching Grammar at Elfast course Pare Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertimbangan untuk menyelidiki penelitian didasarkan pada fenomena tentang tata bahasa sebagai salah satu komponen bahasa Inggris yang sulit dipahami dan membutuhkan metode yang tepat untuk mengajarkannya. Metode yang tepat akan membantu peserta didik dalam memahami bahan tata bahasa dengan mudah. Untuk menggambarkan semua fenomena, termasuk metode pengajaran tata bahasa yang sesuai, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian. Penelitian ini telah dilakukan di kelas utama program dasar I di kursus Elfast Pare Kediri dengan tujuannya adalah untuk mengetahui metode pengajaran tata bahasa yang digunakan oleh guru-tutor dan bagaimana metode ini diterapkan dalam proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan tiga instrumen, yaitu panduan wawancara, daftar periksa observasi, dan perekam video. Panduan Wawancara digunakan untuk mewawancarai guru-tutor di kelas utama program dasar yang terkait dengan metode yang digunakan dan bagaimana metode ini diterapkan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, daftar periksa observasi digunakan untuk mengamati metode apa yang digunakan oleh guru-guru saat mengajar tata bahasa dan untuk mendukung data yang diperoleh. Perekam video digunakan untuk merekam semua kegiatan yang terjadi di dalam kelas. Ketiga instrumen ini menunjukkan hasil yang sama pada metode yang digunakan oleh guru-tutor, yaitu metode tradisional, metode penerjemahan, dan metode perkawinan Silang. Metode tradisional adalah metode yang ditulis oleh guru-guru pada papan tulis di papan tulis, memberikan contoh pada materi terkait, menjelaskannya, dan kemudian meminta peserta didik untuk mentranskripsi materi mereka sendiri. Selanjutnya, guru-tutor juga menggunakan metode penerjemahan untuk mengajarkan penggunaan bentukan dalam kalimat. Dengan kata lain, metode penerjemahan adalah metode untuk mengajar peserta didik untuk menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris berdasarkan pola kalimat bahasa Inggris. Yang terakhir adalah metode Perkawinan Silang yang merupakan metode yang didorong oleh peserta didik untuk menggabungkan atau mengawinkan formula dua (selengkapnya) sebagai formula tegang baru. Metode ini digunakan untuk mengajarkan bentuk formula bahasa Inggris. Dapat disimpulkan bahwa guru-guru di kelas utama program dasar I di kursus Elfast Pare Kediri menggunakan metode yang berbeda untuk mengajarkan bahan yang berbeda dan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi di kelas untuk membantu peserta didik dalam memahami materi dengan mudah.

English Abstract

The consideration of investigating the study was based on the phenomena about grammar as one of the English language components which is difficult to be understood and needs appropriate methods to teach it. Appropriate methods will help learners in understanding grammar materials easily. To describe all phenomena, including the appropriate methods of teaching grammar, the researcher used descriptive qualitative as the research method. This research has been conducted in Main Class of Basic Program I at Elfast course Pare Kediri with the aim is to know the methods of teaching grammar used by the teacher-tutor and how the methods are applied in the teaching and learning process. To obtain the data needed, the researcher used three instruments, namely interview guide, observation checklist, and video recorder. Interview guide was used to interview the teacher-tutor in Main Class of Basic Program I related with the methods used and how the method were applied in teaching and learning process. Besides, observation checklist was used to observe what methods were used by the teacher-tutors while teaching grammar and to support the data obtained. Video recorder was used to record all the activities happened inside the classroom. These three instruments indicated the same result on the methods used by the teacher-tutor, namely traditional method, translation method, and perkawinan silang method. Traditional method is a method which the teacher-tutor writes the material on the white board, gives the examples on the related materials, explains them, and then asks the learners to transcribe the materials into their own note. Furthermore, the teacher-tutor also uses translation method to teach the use of tenses in the sentences. In other words, translation method is a method to teach the learners to translate Indonesian language sentences into English based on the English sentence pattern. The last is perkawinan silang method which is a method that the learners are encouraged to combine or mengawinkan the two (more) tenses formula to be a new tense formula. This method is used to teach tense of English formula. It can be concluded that the teacher-tutor in Main Class of Basic Program I at Elfast course Pare Kediri uses different methods to teach different materials and uses Bahasa Indonesia as a communication language in the classroom in order to help the learners in understanding the materials more easily.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/420/051607643
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:49
Last Modified: 20 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102310
[thumbnail of insantri_Aulia_(PEBASIS_2012).pdf]
Preview
Text
insantri_Aulia_(PEBASIS_2012).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item