Analisis Wacana Kritis Mengenai Representasi Aktor Sosial Dalam Teks Berita Pada Situs Goal.com/FR

Sidiq, ArioNur (2016) Analisis Wacana Kritis Mengenai Representasi Aktor Sosial Dalam Teks Berita Pada Situs Goal.com/FR. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Paradigma kritis melihat wacana bukan dari kebenaran atau ketidakbenaran struktur tata bahasa (Hikam, dalam Latif & Ibrahim, 1996). Namun, paradigma kritis melihat bagaimana aspek kekuasaan berpengaruh terhadap media yang menjadi agen konstruksi sosial yang mampu mengkonstruksi realitas aktor sosial atau peristiwa berdasarkan pandangan bias dan keberpihakan media (Bennet, dalam Eriyanto, 2012). Hal tersebut dapat dilihat dari tampilan kalimat atau pemilihan kosa kata yang digunakan oleh media. Menurut Van Leeuwen (dalam Eriyanto, 2012) terdapat salah satu pendekatan untuk mengetahui representasi aktor sosial yang ditampilkan di dalam teks berita ditampilkan secara baik atau dimarjinalkan, yaitu pendekatan inklusi. Selain itu, umumnya media menggunakan politik pemaknaan dalam menampilkan aktor sosial. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan objek penelitian berupa teks berita berjudul “Quatre ans après l’arrivée de QSI, que reste-il des Français du PSG?” yang dipublikasikan oleh media Goal.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) cara media Goal.com dalam merepresentasikan setiap aktor sosial pada teks berita tersebut dengan berdasarkan pendekatan inklusi; dan (2) bentuk makna konotasi dan makna sosial yang merepresentasikan aktor sosial dalam teks berita tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat 3 representasi aktor sosial yaitu representasi pemain asing PSG, pemain Prancis PSG dan pemain Prancis yang tidak bermain di PSG. Terdapat 18 strategi wacana dan 8 bentuk makna yang digunakan media dalam menampilkan aktor sosial dalam teks berita tersebut. Di dalam teks berita tersebut, pemain Prancis PSG dimarjinalkan dengan pemakaian kata yang menyudutkan seolah-olah pemain Prancis tidak bisa bersaing dengan pemain asing. Sedangkan pemain Prancis yang tidak bermain di PSG ditampilkan dengan baik dan dominan. Mereka ditampilkan berdasarkan kualitas dan kemampuan yang dimiliki mereka lebih baik dari aktor sosial lainnya. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya meneliti menggunakan topik berita yang berbeda, atau menggunakan objek media atau iklan yang relevan untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/42/051601177
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 15 Mar 2016 10:38
Last Modified: 20 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102309
[thumbnail of Awalan_-_Ario_Nur_Sidiq_-_105110300111020_-_Bastra_Prancis_-_FIB_UB_-_2016.pdf]
Preview
Text
Awalan_-_Ario_Nur_Sidiq_-_105110300111020_-_Bastra_Prancis_-_FIB_UB_-_2016.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-5_-_Ario_Nur_Sidiq_-_105110300111020_-_Bastra_Prancis_-_FIB_UB_-_2016.pdf]
Preview
Text
BAB_1-5_-_Ario_Nur_Sidiq_-_105110300111020_-_Bastra_Prancis_-_FIB_UB_-_2016.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover_Sampul_Depan_-_Ario_Nur_Sidiq_-_105110300111020_-_Bastra_Prancis_-_FIB_UB_-_2016.pdf]
Preview
Text
Cover_Sampul_Depan_-_Ario_Nur_Sidiq_-_105110300111020_-_Bastra_Prancis_-_FIB_UB_-_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item