Martyaningsih, YuliastutiEka (2016) Improving The Eighth Year Students’ Writing Achievement through Guessing Game in Writing Descriptive Text At SMPN 7 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Game menebak dapat meningkatkan prestasi penulisan siswa dalam menulis teks deskriptif untuk siswa tahun kedelapan SMPN 7 Malang. Karena dalam studi pendahuluan, peneliti menemukan bahwa siswa di kelas 8E memiliki masalah yaitu kosa kata dan mekanik secara tertulis. Ini menunjukkan bahwa prestasi siswa secara tertulis rendah, hanya 53,12% siswa yang melewati nilai kelulusan minimum. Oleh karena itu, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan prestasi penulisan siswa dengan menggunakan game menebak. Penelitian ini dilakukan tiga pertemuan dalam satu siklus yang terdiri dari empat langkah. Mereka merencanakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan dan menganalisis data, peneliti menggunakan informasi dari data kualitatif yang diambil dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dan kuesioner, dan data kuantitatif yang diambil dari prestasi siswa dalam awal dan pasca-tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa permainan menebak dapat meningkatkan prestasi penulisan mereka. Prestasi penulisan siswa dalam studi pendahuluan adalah 53,12%, sedangkan dalam post test, ada 84,38% yang melewati nilai kelulusan minimum. Prestasi penulisan siswa dalam post test telah mencapai persentase dari nilai kelulusan minimum yaitu 75%. Sejalan dengan hasilnya, tanggapan siswa menunjukkan bahwa mereka tertarik dan termotivasi karena mereka dibantu dengan menebak permainan dalam proses penulisan. Ini berarti bahwa permainan menebak memberikan dampak positif terhadap pencapaian penulisan siswa. Berdasarkan hasil di atas, peneliti menyimpulkan bahwa mengajar menulis teks deskriptif dengan menggunakan game menebak di kelas 8E SMPN 7 Malang dapat meningkatkan prestasi penulisan siswa. Berdasarkan temuan di atas, disarankan untuk guru bahasa Inggris untuk menerapkan permainan menebak dalam meningkatkan pencapaian penulisan terutama dalam menulis teks deskriptif. Selain itu, guru juga dapat menerapkan permainan menebak dalam keterampilan lain seperti berbicara karena melalui permainan menebak para siswa dapat menggambarkan sesuatu secara oral. Kemudian, untuk institusi, mereka dapat memfasilitasi guru untuk belajar menebak permainan melalui bengkel dan memfasilitasi mereka untuk menebak permainan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pengajaran subjek bahasa Inggris. Selain itu, untuk peneliti lebih lanjut, mereka dapat melakukan penelitian lain dengan masalah penelitian serupa dan mereka dapat melakukan penelitian dalam keterampilan lain dengan implementasi yang baik dari rencana pelajaran.
English Abstract
The aim of the study was to find out how guessing game can improve students’ writing achievement in writing descriptive text for the eighth year students of SMPN 7 Malang. Since in the preliminary study, the researcher found that the students in 8E class have problem namely vocabulary and mechanics in writing. It showed that the students’ achievement in writing was low, it was only 53,12% of students who passed the minimum passing grade. Therefore, the researcher used Classroom Action Research to improve students’ writing achievement by using guessing game. This research was conducted three meetings in one cycle which consisted of four steps; they’re planning, action, observation, and reflection. To collect and analyze the data, the researcher used the information from the qualitative data taken from interview, observation, field note, and questionnaire, and the quantitative data taken from the students’ achievement in preliminary and post-test. The result of the research revealed that guessing game can improve their writing’s achievement. The students’ writing achievement in the preliminary study was 53,12%, while in post test, there were 84,38% who passed the minimum passing grade. The students’ writing achievement in the post test has reached the percentage of minimum passing grade that was 75%. In line with the result, the students’ responses showed that they were interested and motivated because they were helped by guessing game in the process of writing. It means that guessing game give positive impact toward students’ writing achievement. Based on the result above, the researcher concluded that teaching writing descriptive text by using guessing game at 8E class of SMPN 7 Malang could improve the students’ writing achievement. Based on the finding above, it is suggested for the English teacher to apply guessing game in improving the achievement of writing especially in writing descriptive text. Moreover, the teacher also can apply guessing game in other skills such as speaking because through guessing game the students can describe something orally. Then, for the institution, they can facilitate the teacher to learn guessing game through workshop and facilitate them to apply guessing game in teaching and learning process in order to increase the teaching quality of English subject. Besides, for further researchers, they can conduct other research with the similar research problem and they can do research in other skills with a good implementation of the lesson plan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/407/051607546 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 10:56 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102295 |
Preview |
Text
YULIASTUTI_EKA_SKRIPSI.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |