Keefektifan Media Pembelajaran Kanji no Renshuu Dalam Mempelajari Huruf Kanji Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2015.

NadhifR, MSugengFikri (2016) Keefektifan Media Pembelajaran Kanji no Renshuu Dalam Mempelajari Huruf Kanji Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Keefektifan suatu media juga sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Salah satu topik yang dianggap sulit menurut banyak pembelajar bahasa Jepang adalah mempelajari huruf kanji. Penelitian ini membahas seberapa besar keefektivan media pembelajaran Kanji no Renshuu dalam mempelajari huruf kanji menggunakan metode campuran. Metode ini mengambil metode kuantitatif sebagai pengukuran data dan statistik objektif melalu perhitungan ilmiah dan metode kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan hasil dari penarikan kesimpulan data. 1) Pengembangan media pembelajaran Kanji no Renshuu ini didasarkan pada four-D model, tetapi hanya dijalankan define, design dan develop saja. 2) Hasil dari penelitian tentang media pembelajaran Kanji no Renshuu ini adalah efektif. Validasi ahli media mendapatkan hasil 91.67%, dan validasi ahli materi mendapatkan 95.83%. Hasil angket “Hasil Respon Mahasiswa” yang telah disebar kepada mahasiswa mata kuliah Moji kelas B prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan menghasilkan 77.32%. 3) Selain itu, prestasi belajar mahasiswa meningkat antara sebelum penggunaan media pembelajaran Kanji no Renshuu dan setelah penggunaan media pembelajaran Kanji no Renshuu dari 69.59 menjadi 71.61. Disarankan kepada mahasiswa, meskipun penelitian ini medapatkan hasil positif dan nilai rata-rata kelas meningkat, sebaiknya jangan terlalu mengandalkan media pembelajaran ini sebagai media pembelajaran utama. Karena media pembelajaran ini hanya ditujukan sebagai media dan informasi tambahan dari modul yang telah diberikan dosen. Untuk menggunakan media ini membutuhkan komputer dan internet, sehingga akan efektif bila dijelaskan oleh dosen saat kelas berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/402/051607541
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Sep 2016 10:27
Last Modified: 20 Oct 2021 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102290
[thumbnail of BAB_I_-_V_komplit.pdf]
Preview
Text
BAB_I_-_V_komplit.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item