Teaching Methods to Teach Deaf Students at SMPLB Muhammaiyah Jombang.

Laily, NoviaNurul (2016) Teaching Methods to Teach Deaf Students at SMPLB Muhammaiyah Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris untuk mengajar siswa tuli. Metode pengajaran dalam penelitian ini mencakup jenis kegiatan, peran guru, peran siswa, dan bahan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMPLB Muhammadiyah Jombang. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di kelas siswa tuli. Peneliti melakukan pengamatan kelas selama tiga kali untuk mendapatkan informasi tentang metode pengajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar dan belajar kegiatan. Wawancara dengan guru dilakukan satu kali untuk mendapatkan informasi tentang metode pengajaran dari sudut pandang guru. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa metode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris untuk mengajar siswa tuli adalah metode penerjemahan tata bahasa (GTM) dan metode audio lingual (ALM). Ada beberapa prinsip penggunaan GTM: Guru menggunakan bahasa ibu siswa sebagai bahasa dominan selama kegiatan pengajaran dan pembelajaran, guru menerjemahkan aktivitas dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, guru memainkan peran sebagai pengontrol aturan dan siswa hanya sebagai peran melakukan apa yang guru ingin mereka lakukan. Kemudian, prinsip-prinsip penggunaan alm, guru meminta para siswa untuk melakukan pengulangan dengan bantuan pelatih pidato, guru itu memimpin para siswa untuk mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar, dan para siswa meniru guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada sekolah untuk memisahkan setiap kelas siswa tuli dan juga memberikan bantuan guru. Guru bahasa Inggris dapat menggunakan media visual, seperti gambar dan video dalam aktivitas mengajar. Peneliti lebih lanjut dapat melakukan penelitian dalam jenis kecacatan lain seperti buta, bisu, dan melakukan penelitian dalam waktu yang lebih lama.

English Abstract

This research is aimed to know teaching methods used by the English teacher to teach deaf students. Teaching methods in this research covered activity types, teacher’s role, students’ role, and the material used by the English teacher. This research used descriptive qualitative as the research design. This research was conducted at SMPLB Muhammadiyah Jombang. The subject of this research was the English teacher at deaf students’ class. The researcher conducted classroom observation for three times to get information about teaching methods used by the teacher in teaching and learning activity. Interview with the teacher was conducted once to get information about teaching methods from the teacher’s point of view. In this research, the researcher found that the methods used by the English teacher to teach deaf students were Grammar Translation Method (GTM) and Audio Lingual Method (ALM). There were some principles on the use of GTM: the teacher used students’ native language as dominant language during the teaching and learning activity, the teacher did translating activity from English into Bahasa Indonesia, the teacher played a role as the rule controller and students just did what the teacher wanted them to do. Then, the principles on the use of ALM were, the teacher asked the students to do repetition by the help of speech trainer, the teacher led the students to pronounce English words correctly, and the students imitated the teacher. Based on the result of this research, the researcher gives suggestion to the school to separate each class of deaf students and also provide teacher assistance. The English teacher could use visual media, such as picture and video in teaching activity. Further researchers could conduct a research in other types of disability such as blind, mute, and did the research in longer time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/386/051607525
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Sep 2016 09:12
Last Modified: 20 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102272
[thumbnail of Teaching_Methods_to_Teach_Deaf_Students_at_SMPLB_Muhammadiyah_Jombang.pdf]
Preview
Text
Teaching_Methods_to_Teach_Deaf_Students_at_SMPLB_Muhammadiyah_Jombang.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item