Zumriza, AsavatulDita (2016) The Use of Picture-Cued Task in Descriptive Text to Improve Students’ Writing Ability on Seventh Graders at SMP Negeri 1 Manyar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan tugas yang dikeluarkan gambar sebagai media dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Manyar. Berdasarkan masalah yang ditemukan oleh peneliti dalam studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam ejaan, tanda baca, aturan tata bahasa, kosakata, dan kurangnya siswa untuk membuat tugas menulis terutama dalam menulis teks deskriptif. Oleh karena itu, peneliti memecahkan masalah-masalah itu dengan menggunakan gambar - cued untuk membantu kemampuan menulis siswa. Penelitian ini tentang penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari 5 pertemuan (4 pertemuan untuk perawatan, 1 pertemuan untuk ujian). Dalam penelitian ini, peneliti mengambil tindakan dalam empat tahap mereka merencanakan, menerapkan, mengamati dan merefleksikan. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa terdiri dari 14 pria, dan 19 wanita. Untuk kriteria keberhasilan dalam penelitian, peneliti menentukan 70% siswa (23 dari 33 siswa) harus mencapai skor 75 sebagai KKM (KriteriaKetunangan minimum) di sekolah itu. Dalam mengambil data penelitian ini, peneliti menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk data kualitatif dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, daftar periksa observasi, dan catatan bidang. Sementara itu, data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan tes yang dilakukan untuk mengetahui tentang pencapaian siswa sebelum dan sesudah peneliti menerapkan tugas yang dikeluarkan gambar dalam penulisan siswa. Untuk hasil pencapaian penulisan siswa, ia memperoleh dari skor penulisan siswa dan peneliti diukur dari lima aspek, yaitu konten, organisasi, tata bahasa, kosa kata dan mekanik. Prestasi penulisan siswa diambil pada akhir menerapkan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 88% siswa (29 dari 33 siswa) yang berhasil atau mencapai skor di atas 75 sebagai KKM di sekolah itu. Skor tersebut meningkat 70% dari skor siswa dalam studi pendahuluan. Karena dalam studi pendahuluan hanya 18% dari siswa (6 dari 33 siswa) yang sukses dalam menulis teks deskriptif mereka. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memenuhi kriteria keberhasilan (70% peserta melewati 75 sebagai KKM). Setelah membandingkan prestasi penulisan siswa, penelitian ini dapat dikrudor bahwa dengan menggunakan tugas yang dikeluarkan gambar, ia dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif.
English Abstract
This study was purposed to improve students’ writing ability by using picture – cued task as media in teaching learning process. This study was conducted on seventh graders at SMP Negeri 1 Manyar. Based on the problem that was found by the researcher in preliminary study showed that the students had difficulties in spelling, punctuation, grammar rules, vocabulary, and students’ lacked of idea to make a writing task especially in writing descriptive text. Therefore, the researcher solved those problems by using picture – cued to help students’ writing ability. This study was about classroom action research which was conducted in one cycle consisted of 5 meetings (4 meetings for treatment, 1 meeting for test). In this study, the researcher took an action in four stages they were planning, implementing, observing and reflecting. The subject of this study was 33 students consisted of 14 male, and 19 female. For the criteria of success in study, the researcher determined 70% of the students (23 out of 33 students) should reach 75 score as KKM (KriteriaKetuntasan Minimum) in that school. In taking data of this study, the researcher used qualitative data and quantitative data. For the qualitative data was collected by using questionnaire, observation checklist, and field note. Meanwhile, quantitative data was collected by using test that was conducted to know about students’ achievement before and after the researcher implemented picture – cued task in students writing. For the result of students’ writing achievement, it acquired from the score of students’ writing and the researcher measured from five aspects, those were the content, organization, grammar, vocabulary and mechanic. The students’ writing achievement was taken in the end of implementing the action. The result showed that there were 88% of students (29 out 33 students) who success or reached score above 75 as KKM in that school. The score was increased 70% from the students’ score in preliminary study. Because in preliminary study only 18% of students (6 out 33 students) who success in their writing descriptive text. Therefore, it can be concluded that this study met the criteria of success (70% of the participant pass 75 as the KKM). After comparing the students’ writing achievement, the researcherconcluded that by using picture – cued task, it can improve students’ writing ability in descriptive text.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/384/051607523 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 09:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102270 |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (10MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |