Perbandingan Pola Asuh Anak Oleh Ibu Keturunan Etnis Tionghoa Dan Etnis Jawa Dalam Buku “Battle Hymn Of The Tiger Mother” Karya Amy Chua Dan “Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi” Karya Kristin Samah

Siswaningrum, VaylinMita (2016) Perbandingan Pola Asuh Anak Oleh Ibu Keturunan Etnis Tionghoa Dan Etnis Jawa Dalam Buku “Battle Hymn Of The Tiger Mother” Karya Amy Chua Dan “Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi” Karya Kristin Samah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbandingan sastra adalah studi sastra yang membandingkan dua buah karya sastra atau lebih dan karya sastra yang dibandingkan bisa berupa sastra tulis maupun sastra lisan. Pola asuh adalah bagaimana orangtua memperlakukan anak, mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan sosok ibu, pola asuh, dan hasil pola asuh antara ibu keturunan etnis Tionghoa dan etnis Jawa dalam buku Battle Hymn Of The Tiger Mother dan Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data dua buku yang berjudul Battle Hymn Of The Tiger Mother dan Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang tergambar pada buku Battle Hymn Of The Tiger Mother adalah pola asuh otoriter dengan sosok ibu yang menerapkan disiplin penuh, selalu memaksa dan sikap yang selalu keras dalam ucapan sedangkan pada buku Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi pola asuh yang tergambar adalah pola asuh demokratis dengan sosok ibu yang cenderung selalu sabar, mendukung, serta mengayomi anaknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/381/051607520
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Aug 2016 09:17
Last Modified: 20 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102267
[thumbnail of PDF_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PDF_SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item