Riandini, Diastika (2016) Improving The Students’ Reading Comprehension on Recount Text through Comic Strips Drawing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemahaman membaca adalah aktivitas membaca yang lebih teliti untuk memahami makna, menemukan pesan teks dan merekonstruksi gagasan pembaca. Bahkan, membaca tidak mudah seperti yang terlihat, apalagi membaca materi dalam bahasa asing. Para pembaca akan menemukan kosakata baru dan tata bahasa yang pasti berbeda dengan bahasa pertama, jadi sulit untuk menebak maknanya. Dalam konteks TEFL (mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing), beberapa pertanyaan pemahaman membaca diberikan setelah siswa membaca teks. Terkadang, siswa dapat menjawab pertanyaan, namun berkali-kali mereka tidak mengerti tentang apa yang telah mereka baca. Masalah-masalah ini juga terjadi pada VIII-mahasiswa SMP PGRI 01 Singosari. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk memecahkan masalah siswa dengan meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan gambar strip komik. Penelitian tindakan kolaboratif (mobil) yang memiliki lima pertemuan, tiga pertemuan untuk tindakan dan dua pertemuan untuk pre-test dan post-test, dilakukan. Fokus penelitian ini adalah mengimplementasikan gambar strip komik dalam mengajar teks rekening kepada VIII-mahasiswa SMP PGRI 01 Singosari pada teks. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah ketika 100% siswa mendapatkan tiga poin dalam setiap aspek dalam rubrik penilaian. Rubrik penilaian yang digunakan oleh peneliti telah divalidasi oleh ahli dalam seni rupa. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara dengan guru bahasa Inggris, pengamatan kelas, dan melakukan tes sebelum dan sesudah implementasi. Kemudian, peneliti menganalisis data secara kualitatif dan kuantitatif untuk melaporkan temuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari pemahaman membaca siswa setelah implementasi gambar strip komik. Bukti pertama adalah peningkatan kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar melalui gambar strip komik. Mereka tampak antusias ketika mereka menggambar gambar setelah mereka membaca teks, dan mereka juga bisa menceritakan kembali kisah itu dengan hasil gambar mereka. Selain itu, dapat dilihat dari hasil pra-tes dan skor pasca-tes siswa. Hasil pasca-tes menunjukkan bahwa 100% siswa mendapatkan tiga poin dalam setiap aspek dalam rubrik skor. Ini berarti bahwa tujuan penelitian tindakan kolaboratif berhasil diselesaikan. Ini juga menunjukkan bahwa gambar strip komik adalah salah satu cara dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa.
English Abstract
Reading comprehension is reading activity which is more thorough to understand the meaning, find the message of the text and reconstruct the idea of the reader. In fact, reading is not easy as it seems, moreover reading material in foreign language. The readers will find new vocabulary and grammar that are definitely different from the first language, so it is hard to guess the meaning. In context of TEFL (Teaching English as Foreign Language), some reading comprehension questions are given after students read a text. Sometimes, students are able to answer the questions, yet many times they do not understand about what they have read. These problems also happened to the VIII-A students of SMP PGRI 01 Singosari. Therefore, the researcher intends to solve the students’ problem by improving the students’ reading comprehension by using comic strips drawing. A collaborative action research (CAR) which has five meetings, three meetings for the action and two meeting for pre-test and post-test, was conducted. The focus of this research is to implement comic strips drawing in teaching recount text to VIII-A students of SMP PGRI 01 Singosari their comprehension toward the text. The criterion of success of this study is when 100% of the students’ gain three points in every aspect in scoring rubric. The scoring rubric used by the researcher has been validated by an expert in Fine Arts. To collect the data needed in this research, the researcher did an interview with English teacher, classroom observation, and conducted test before and after the implementation. Then, the researcher analyzed the data both qualitatively and quantitatively to report the research findings. The result of this study shows that there is significant improvement of the students’ reading comprehension after the implementation of comic strips drawing. The first evidence was the improvement of the students’ activity in teaching learning process through comic strips drawing. They looked enthusiastic when they draw the picture after they read the text, and they also could re-tell the story with the result of their picture. Besides, it could be seen from the result of the students’ pre-test and post-test score. The post-test result shows that 100% of the students gain three points in every aspect in scoring rubric. It means that the objective of the collaborative action research is successfully accomplished. It also shows that the comic strips drawing is one of way in improving students’ reading comprehension.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/379/051607518 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 08:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102264 |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (10MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |