Lika-Liku Modernisasi Pasar Batu” Deskripsi atas Ketegangan Sosial dalam Perencanaan Pembangunan Pasar Batu sebagai Saranan Penunjang Pariwisata

Anjani, Vita (2016) Lika-Liku Modernisasi Pasar Batu” Deskripsi atas Ketegangan Sosial dalam Perencanaan Pembangunan Pasar Batu sebagai Saranan Penunjang Pariwisata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rencana pembangunan Pasar Batu akan diintergrasikan sesuai dengan perkembangan Kota Batu sebagai kota pariwisata. Namun, dalam proses realisasinya, pedagang menolak kebijakan ini dikarenakan pedagang merasa akan dirugikan terlebih ketika pemkot menggandeng investor dalam proses pembangunan. Akibatnya, proses pembangunan Pasar Batu yang direncanakan pada 2010 sampai sekarang belum menemui titik terangnya, dan justru semakin menciptakan jarak diantara pedagang, pemkot dan investor. Masing-masing aktor saling menyalahkan pihak yang lain, dan cenderung menunjukkan sikap tidak suka atau saling memusuhi, akibat dari stigma-stigma yang mereka ciptakan guna menyudutkan pihak lawan yang tergambarkan dalam situasi konliktual. Dengan menggunakan pemikiran dari Ralf Dahrendorf tentang konflik kepentingan sebagai pisau analisa dalam melihat fenomena ketegangan sosial yang sedang terjadi. Pihak pedagang tidak menyetujui perencanaan pembangunan, sedangkan pihak pemkot dan investor selaku penggagas rencana dituntut untuk melakukan perubahan demi menselaraskan kota Batu sebagai kota Pariwisata. Seiring dengan berjalanya waktu, kepentingan-kepentingan yang diperjuangkan justru semakin memperdalam kesalahpahaman, hingga berpotensi sebagai konflik tertutup antar masing-masing pihak, hingga disisi pedagang menunjukan sikap ambivalensi mereka sebagai salah satu sikap adaptif pedagang ditengah tarik-ulurnya pembangunan Pasar Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/365/051607428
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2016 10:53
Last Modified: 20 Oct 2021 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102249
[thumbnail of BURN_!.pdf]
Preview
Text
BURN_!.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item