Okiana, Rahayu (2016) Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot Melalui Teknik Visualization, Auditory, Kinesthetic Pada Siswa Kelas X Smk Putra Indonesia Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Siswa kelas X di SMK Putra Indonesia Malang kesulitan dalam menggali ide, mengembangkan ide dan memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, dan ciri kebahasaan karena teknik diskusi, ceramah, dan modeling yang digunakan guru kurang memberi kesempatan siswa untuk berinteraksi. Berdasarkan hal tersebut teknik VAK diterapkan agar siswa dapat memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, dan ciri kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini meliputi meningkatkan keterampilan memproduksi teks anekdot dengan teknik VAK pada siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang pada aspek menggali ide, aspek mengembangkan ide, dan aspek memproduksi teks anekdot. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X E di SMK Putra Indonesia Malang. Teknik Pengumpulan data meliputi tes, observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata persentase keberhasilan siswa. Siswa dikatakan berhasil jika 80% siswa mendapat nilai 78-100 dengan kriteria sangat baik dan baik. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan dari tindakan prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 pada pembelajaran memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, dan tanda baca. Pada tindakan prasiklus siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 31% atau 10 siswa. Hal tersebut terjadi karena masih banyak siswa yang tidak dapat menggali ide dengan satu gambar, kesulitan dalam mengembangkan teks anekdot dengan tema “Politik”, memproduksi teks anekdot tidak sesuai dengan struktur, terdapat kesalahan dalam penggunaan tanda baca, huruf kapital, dan konjungsi temporal. Pada tindakan siklus 1 terjadi peningkatan, sebanyak 66% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. Siswa sudah mampu memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, paragraf yang koheren, dan penggunaan kalimat yang efektif. Pada tindakan siklus 2 juga mengalami penigkatan, sebanyak 86% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. Siswa sudah mampu menggali ide, mengembangkan ide, dan memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, paragraf yang koheren, penggunaan kalimat yang efektif, dan tanda baca yang sesuai. Hal tersebut membuktikan bahwa teknik VAK dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X SMK dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/359/051607422 |
Subjects: | 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 09:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102241 |
Preview |
Text
BERITA_ACARA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_DALAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I_II_III_dan_IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_dan_VI.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |