Sakinah, YanikLailinas (2016) The Use Of Song Lyrics Through Video-Clip To Increase English Vocabulary Mastery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hal pertama yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk belajar bahasa asing adalah kosakata. Kosakata adalah fondasi selain pengucapan dan tata bahasa untuk peserta didik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Brawijaya Smart School untuk siswa B ketujuh, itu menunjukkan bahwa siswa memiliki masalah dalam menguasai kosa kata. Itu dapat dilihat dari hasil pra-tes dan wawancara dengan guru bahasa Inggris. Beberapa siswa selalu menggunakan Bahasa Indonesia ketika mereka tidak tahu kata-kata dalam bahasa Inggris, baik secara tertulis atau berbicara. Untuk mengatasi masalah itu peneliti menggunakan lirik lagu melalui klip video sebagai media untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Salah satu media yang baik, menyenangkan, dan menarik untuk mengajar bahasa Inggris menggunakan media audiovisual, yang memiliki dua sensorsi simultan, audio dan visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (mobil) berdasarkan pada teori KEMMIS, S., MCTAGGART yang terdiri dari 4 tahap dalam satu siklus. Mereka merencanakan, bertindak, mengamati dan merefleksikan. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus dan terdiri dari tiga pertemuan untuk memberikan `perawatan siswa dengan menggunakan lirik lagu melalui video-klip. Kriteria kesuksesan adalah 70% dari siswa B ketujuh mencapai sama atau lebih dari 75 (nilai kelulusan minimum). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan panduan wawancara, lembar observasi, daftar periksa observasi, catatan lapangan, kuesioner dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kosakata siswa meningkat dengan menggunakan lirik lagu melalui klip video sebagai media dalam mengajar dan belajar. Sahabat menunjukkan bahwa 76,19% siswa lulus kriteria kesuksesan. Ada 16 siswa yang memiliki yang sama atau lebih dari 75 sebagai nilai kelulusan minimum. Jadi, dapat disimpulkan bahwa implementasi klip video berhasil dan efektif untuk meningkatkan kosakata siswa. Disarankan untuk peneliti berikutnya untuk membuat media lebih menyenangkan dan menarik berdasarkan kriteria siswa untuk mendapatkan perhatian para siswa. Sedangkan untuk guru bahasa Inggris, dia dapat menggunakan media ini untuk mengajar dan memilih video yang sesuai untuk siswa
English Abstract
The first thing should be mastered by learners for learning foreign language is vocabulary. Vocabulary is a foundation besides pronunciation and grammar for the learners. Based on the result of the preliminary study at SMP Brawijaya Smart School for the seventh B students, it showed that the students had a problem in mastering vocabulary. It can be seen from the results of pre-test and interview with the English teacher. Some students always use Bahasa Indonesia when they do not know the words in English, either in writing or speaking. To solve that problem the researcher used song lyrics through video-clips as a media to increase the English vocabularies. One of the good, fun, and attractive media to teach English is using Audiovisual media, which has two simultaneous sensory, audio and visual. The method used in this reasearch is Classroom Action Research (CAR) based on Kemmis,S.,McTaggart‟s theory which consisted of 4 stages in one cycle. They are planning, acting, observing and reflecting. This research was conducted in 1 cycle and consisted of three meetings in order to give the students‟ treatment by using song lyrics through video-clip. The criteria of success was 70% of the seventh B students reached equal or more than 75 (minimum passing grade). For collecting the data, the researcher used interview guide, observation sheet, observation checklist, field-notes, questionnaires and test. The result of this research showed that the vocabulary of the students increased by using song lyrics through video-clip as a media in teaching and learning. The precentage showed that 76,19% of students passed the criteria of success. There were 16 students who got equal or more than 75 as the minimum passing grade. So, it can be concluded that the implementation of video-clips was successful and effective to increase the students‟ vocabulary. It is suggested for next researchers to make the media more fun and attractive based on the criteria of the students to get the attention of the students. While for the English teacher, she can use this media to teach and choose the appropriate video for the students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/337/051607195 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 10:07 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 15:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102218 |
Preview |
Text
THESIS_PDF.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |