Interpretasi Penanda Musim (Kigo) Berjenis Hewan Dan Tumbuhan Dalam 11 Haiku Karya Matsuo Basho Melalui Semiotika Peirce

Pratiwi, CRahayuAgil (2016) Interpretasi Penanda Musim (Kigo) Berjenis Hewan Dan Tumbuhan Dalam 11 Haiku Karya Matsuo Basho Melalui Semiotika Peirce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis karya sastra di Jepang ialah haiku. Haiku adalah puisi tradisional Jepang. Pada skripsi ini, sumber yang diteliti adalah kigo berjenis hewan dan tumbuhan yang terdapat dalam 11 haiku karya Matsuo Basho. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui makna dan jenis tanda dari kigo berjenis hewan dan tumbuhan yang ada dalam sumber data tersebut. Untuk mengetahui jenis tanda tersebut, teori yang digunakan dalam menganalisis ialah menggunakan semiotika Peirce. Dalam teori ini terdapat beberapa tahapan yang digunakan untuk menganalisis tanda, yaitu tahap segitiga semiotik Peirce dan Trikotomi tanda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan makna kigo. Hasil temuan dalam penelitian ini ialah interpretasi dari kigo-kigo berjenis hewan dan tumbuhan dari 11 Haiku karya Matsuo Basho. Dari 11 haiku tersebut, ditemukan 5 kigo berjenis hewan yang terdiri dari 2 kigo menandakan musim semi, dan 3 kigo menandakan musim panas. Dalam 11 haiku ini juga terdapat 6 kigo berjenis tumbuhan yang terdiri dari 2 kigo menandakan musim semi, 1 kigo menandakan musim gugur, dan 3 kigo menandakan musim panas. Jenis tanda dari 11 kigo ini terdiri dari 1 simbol dan 10 indeks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/325/051607028
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Sep 2016 08:56
Last Modified: 19 Oct 2021 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102205
[thumbnail of SKRIPSI_C._RAHAYU_AGIL_PRATIWI__125110200111056.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_C._RAHAYU_AGIL_PRATIWI__125110200111056.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item