Kurniawan, MukhammadLukman (2016) The Implementation of English Daily Conversation Program of 12th Grade Students of Darussalam Gontor 3 Kediri (A Descriptive-Qualitative Research in Darussalam Gontor 3 Kediri in the Academic Year 201. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Darussalam Gontor 3 Kediri mengimplementasikan program percakapan harian untuk mempromosikan keterampilan berbicara siswa. Percakapan harian dilakukan tidak hanya dalam bahasa Inggris, tetapi juga dalam bahasa Arab. Implementasi percakapan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di Gontor 3 Kediri dilakukan setiap dua minggu, dua minggu untuk bahasa Inggris dan dua minggu lainnya untuk Arab. Sebagai data awal, ditemukan bahwa siswa menguasai Arab lebih baik daripada bahasa Inggris. Oleh karena itu, peneliti ingin menggali lebih banyak tentang fenomena itu. Dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif, peneliti ingin menjelaskan implementasi program percakapan harian Inggris di Gontor 3 Kediri. Peneliti menggunakan beberapa instrumen yaitu catatan lapangan, wawancara dan kuesioner untuk mengumpulkan data. Peneliti melakukan penelitian selama dua minggu, satu minggu dalam bahasa Inggris dan satu minggu untuk bahasa Arab saat mengamati aktivitas siswa dalam percakapan harian, memberikan kuesioner dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru. Penelitian ini hanya berfokus pada implementasi program percakapan harian Inggris dibandingkan dengan percakapan harian Arab. Dalam implementasi program ini, para siswa memiliki kemampuan berbeda antara Arab dan Inggris. Para siswa menguasai lebih baik dalam bahasa Arab daripada bahasa Inggris. Alasan yang membuat siswa memiliki kemampuan berbeda dalam dua bahasa, adalah yang pertama adalah motivasi siswa. Dalam bahasa Arab, para siswa memiliki motivasi yang baik untuk dipelajari, karena para siswa percaya bahwa bahasa Arab mudah diucapkan dan hampir semua pelajaran di Gontor 3 menggunakan bahasa Arab, yang dapat membantu siswa menguasai bahasa Arab. Sedangkan untuk bahasa Inggris, para siswa memiliki lebih sedikit motivasi untuk dipelajari, karena mereka memiliki kosakata yang lebih sedikit, lemah dalam tata bahasa dan struktur yang membuat siswa tidak percaya diri untuk berbicara. Selanjutnya, dalam program percakapan harian Inggris, para siswa tidak disiplin untuk berbicara bahasa Inggris yang membuat siswa sulit menguasai bahasa Inggris. Alasan kedua adalah latar belakang pendidikan guru. Guru bahasa di Gontor 3 Kediri memiliki latar belakang yang sama dengan siswa dan mereka tidak pernah bergabung dengan seminar atau lokakarya tentang belajar bahasa Inggris terutama percakapan bahasa Inggris. Selanjutnya, jika siswa ingin menguasai bahasa Inggris, mereka harus disiplin dalam program percakapan harian Inggris. Persyaratan lain adalah siswa harus memotivasi diri mereka sendiri untuk belajar bahasa Inggris dan guru harus meningkatkan kemampuan mereka dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk peneliti lebih lanjut, mereka dapat memperoleh lebih banyak data tentang kegiatan siswa dalam percakapan harian Inggris, seperti percakapan Jumat dan Minggu untuk mengetahui lebih banyak tentang implementasi program percakapan harian Inggris.
English Abstract
Darussalam Gontor 3 Kediri implements daily conversation program to promote students’ speaking skill. The daily conversation is performed not only in English, but also in Arabic. The implementation of Arabic and English daily conversation in Gontor 3 Kediri is done every other two weeks, two weeks for English and two other weeks for Arabic. As preliminary data, it is found that students mastered Arabic better than English. Therefore, the researcher wanted to dig more about those phenomena. By using descriptive qualitative research design, the researcher would like to describe the implementation of English daily conversation program in Gontor 3 Kediri. The researcher used some instruments namely field notes, interviews and questionnaire to collect the data. The researcher conducted the research during two weeks, one week in English and one week for Arabic while observing the students’ activity in daily conversation, give questionnaire and interviews to the headmaster and teachers. This research only focused on the implementation of English daily conversation program in comparison with Arabic daily conversation. In the implementation of this program, the students had different ability between Arabic and English. The students mastered better in Arabic than English. The reasons that make the students had different ability in two languages, were the first was students’ motivation. In Arabic, the students had good motivation to learn, since the students believed that Arabic is easy to pronounce and almost all the lesson in Gontor 3 used Arabic, which could help the students mastering Arabic. While for English, the students had less motivation to learn, because they had less vocabulary, weak in grammar and structure that it makes the students not confident to speak. Furthermore, in English daily conversation program the students was not discipline to speak English that makes the students were difficult to master English. The second reason was the teachers’ educational background. Language teacher in Gontor 3 Kediri had the same background with the students and they never joined seminar or workshop about learning English especially English conversation. Furthermore, if the students want to master English, they have to be discipline in English daily conversation program. The other requirements are the students have to motivate themselves to study English and the teacher must improve their capability in English. While for further researchers, they can get more data on the students’ activities in English daily conversation, such as Friday and Sunday conversation to know more about the implementation of English daily conversation program.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/31/051601166 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 16 Mar 2016 10:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102188 |
Preview |
Text
M._Lukman._K_FIB_UB_(SKRIPSI).pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |