Speech Strategies Used by SBY and Jokowi in Indonesian Presidential Inaugural Address

Fitriani, Nur (2016) Speech Strategies Used by SBY and Jokowi in Indonesian Presidential Inaugural Address. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pidato sebagai bagian dari berbicara di depan umum adalah cara untuk mengkomunikasikan ide kepada masyarakat. Dalam pidatonya, pembicara membutuhkan strategi untuk mencapai tujuan mereka yang disebut sebagai strategi bicara. Alamat perdana presiden sebagai wacana politik secara otomatis mengandung strategi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan jenis-jenis strategi ucapan yang digunakan oleh SBY dan Jokowi untuk menciptakan alamat perdana yang mengesankan (2) Cari tahu persamaan dan perbedaan strategi bicara yang digunakan oleh kedua presiden. Data penelitian ini adalah ucapan yang diproduksi oleh SBY dan Jokowi yang dianalisis dengan metode kualitatif khususnya analisis konten. Penulis menerapkan teori BEEBE dan BEEBE (2009) dan Carnegie (1948). Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa ada beberapa kesamaan dan perbedaan strategi yang digunakan oleh SBY dan Jokowi. Untuk membuat struktur kata yang mengesankan SBY menerapkan strategi drama dan irama sementara Jokowi menerapkan strategi citra figuratif dan irama. Untuk membuat Pendahuluan Efektif SBY dan Jokowi menggunakan strategi yang sama yaitu referensi pribadi. Sementara itu, untuk menciptakan kesimpulan yang efektif SBY memberikan ringkasan dari alamat perdananya. Di sisi lain, Jokowi menggunakan strategi memberikan penutupan dan banding. Selanjutnya, untuk menciptakan alamat perdana yang mengesankan dan meyakinkan, SBY menggunakan empat strategi yang merupakan ide yang menyatakan kembali, menggunakan ilustrasi umum, menggunakan kasus konkret dan mencadangkan pernyataan dengan otoritas yang tidak berpengaruh. Jokowi hanya menggunakan dua strategi yang menggunakan ilustrasi umum dan mencadangkan pernyataan dengan otoritas yang tidak berprasangka. Berdasarkan temuan dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa tidak semua strategi yang diusulkan oleh BEEBE dan BEEBE (2009) dan Carnegie (1948) diterapkan oleh SBY dan Jokowi. Kondisi ini terjadi karena SBY dan Jokowi memiliki gaya bahasa yang berbeda, budaya dan pandangan politik dari para ahli teori.

English Abstract

Speech as a part of public speaking is a way to communicate an idea to society. In the speech, the speakers need strategies to achieve their purpose which is called as speech strategies. Presidential inaugural address as political discourse automatically contains strategies. This study aims to (1) discover the types of speech strategies used by SBY and Jokowi to create memorable inaugural address (2) find out the similarities and differences of speech strategies used by both of the presidents. The data of this study were utterances produced by SBY and Jokowi which analyzed by qualitative method specifically content analysis. The writer applied Beebe and Beebe (2009) and Carnegie (1948) theory of public speaking. In this study, it was found that there are some similarities and differences of strategies used by SBY and Jokowi. To create memorable word structure SBY applied the strategy of drama and cadence while Jokowi applied the strategy of figurative imagery and cadence. To create effective introduction SBY and Jokowi use the same strategy which is personal reference. Meanwhile, to create effective conclusion SBY provided a summary of his inaugural address. On the other hand, Jokowi used strategy of providing closure and appeals. Furthermore, to create an impressive and convincing inaugural address, SBY used four strategies which are restating idea, using general illustration, using concrete cases and backing up the statements with the unprejudiced authority. Jokowi only used two strategies which are using general illustration and backing up the statements with the unprejudiced authority. Based on the finding and discussion, it might be concluded that not all strategies proposed by Beebe and Beebe (2009) and Carnegie (1948) were applied by both SBY and Jokowi. This condition happened because SBY and Jokowi have different language style, cultures and political views from those of theorists.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/216/051605091
Uncontrolled Keywords: Strategi Pidato, Pidato Pelantikan Presiden, Pidato Yang Mengesankan, Speech strategies, Presidential Inaugural Address, Memorable Speech
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 14 Jun 2016 10:29
Last Modified: 10 Nov 2021 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102083
[thumbnail of Nur_Fitriani.pdf]
Preview
Text
Nur_Fitriani.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item