Bentuk-Bentuk Produk Yuru-Kyara Kumamon dan Upaya Pemerintah Jepang dalam Komersialisasinya

Yowanda, Tika (2016) Bentuk-Bentuk Produk Yuru-Kyara Kumamon dan Upaya Pemerintah Jepang dalam Komersialisasinya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jepang merupakan salah satu negara maju yang memiliki sisi menarik dari segi budaya, salah satunya adalah yuru-kyara Kumamon. Yuru-kyara Kumamon menjadi populer setelah memenangkan kontes yuru-kyara grand prix pada tahun 2011. Kepopuleran yang diraih Kumamon ini dimanfaatkan oleh pemerintah dengan mengkomersialkan berbagai produk dari yuru-kyara Kumamon. Penulis menemukan bentuk-bentuk produk dari yuru-kyara Kumamon dan upaya pemerintah Jepang dalam komersialisasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan budaya populer dengan konsep komersialisasi dan klasifikasi produk sebagai teori utama dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yuru-kyara Kumamon memiliki produk barang tahan lama dan barang tidak tahan lama berdasarkan daya tahan, wujud dan penggunaannya. Berdasarkan kebiasaan belanja, produk yang dibeli konsumen yaitu (1) barang sehari-hari, (2) barang toko, (3) barang khusus dan (4) barang yang tidak dicari. Upaya pemerintah Jepang dalam komersialisasinya yaitu melalui (1) produk, (2) harga, (3) berpartisipasi dalam event Japan Expo,(4) promosi dengan memasang iklan dan publisitas, (5) mengadakan pameran dan memasang poster-poster Kumamon, (6) mengisi kuliah tamu, (7) melakukan kerja sama dengan penerbangan di Jepang, (8) menciptakan motto pada produk kosmetik, (9) mempermudah prosedur izin penggunaan Kumamon untuk sebuah produk, dan (10) membuat media sosial resmi khusus untuk Kumamon. Saran untuk penelitian selanjutnya bisa mengangkat tema eksistensi yuru-kyara Kumamon di luar negeri, budaya kawaii yang terdapat pada yuru-kyara dan mengangkat tema dari yuru-kyara lainnya dapat dijadikan bahan untuk penelitian selanjutnya.

Other obstract

日本は、ゆるキャラ「くまモン」など文化の面で興味深い側面を持っ ている先進国の一つだ。ゆるキャラ「くまモン」は、2011 年にコンテス トでゆるキャラグランプリを獲得した後、人気となった。ゆるキャラ「く まモン」の人気の様々な製品を商品化するために、政府が利用する。著者 は、ゆるキャラ「くまモン」の製品と商品化における日本政府の努力を発 見した。 本研究では、製品化と分類の概念に大衆文化の理論を使用した。研究 の結果として、ゆるキャラ「くまモン」は、製品の耐久性、フォームに基 づいており、すなわち耐久財と非耐久財を使用している。買い物の習慣で 購入する消費者製品である: (1) 生活用品のは定番品、即興用品、防災グッ ズなどである。(2) 用品店、 (3) 特別項目、(4) 検索されないである。商業 化における日本政府の努力が通っている。 (1) 製品、 (2) 価格、 (3) ジャパ ンエキスポのイベントに参加して、 (4) プロモーションでの広告・宣伝の 使用して、 (5) 展示会を開催し、「くまモン」のポスターを掲載して、(6) ゲスト講義に出席して、 (7) 日本の航空会社との協力して、 (8) 化粧品で のモットーを作成して (9) 「くまモン」は、製品の使用のライセンス手続 きを簡素化して、 (10) ゆるキャラ「くまモン」のために特別に公式ソー シャルメディアを作った。 最後に、海外にあるゆるキャラ「くまモン」、ゆるキャラや他のゆる キャラのテーマに含まれているカワイイ文化は、研究のための材料として 使用することができた。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/210/051604985
Uncontrolled Keywords: Budaya populer, Komersialisasi, Produk, Yuru-Kyara Kumamon.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 14 Jun 2016 11:45
Last Modified: 10 Nov 2021 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102077
[thumbnail of Tika_Yowanda.pdf]
Preview
Text
Tika_Yowanda.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item