A Study Of Associative Meaning In News Articles Of Yulin Festival On Cnn.Com

Islam, PutriAinur (2016) A Study Of Associative Meaning In News Articles Of Yulin Festival On Cnn.Com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berita di internet bisa lebih global karena orang-orang di seluruh dunia dapat mengaksesnya dengan mudah. Ini berarti bahwa setiap orang akan memiliki perspektif yang berbeda dari berita yang mereka baca. Penelitian ini adalah tentang makna asosiatif pada artikel tentang Yulin Festival di CNN.com. Penelitian ini memiliki dua masalah studi: Apa jenis makna asosiatif yang ditemukan dalam artikel tentang Yulin Festival di CNN.com dan bagaimana para jurnalis menggunakan makna asosiatif dalam artikel tentang Yulin Festival di CNN.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam menganalisis makna asosiatif dalam artikel tentang Yulin Festival di CNN.com. Oleh karena itu, analisis dokumen digunakan karena data penelitian ini diambil dari artikel berita dalam bentuk teks tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada semua jenis makna asosiatif yang digunakan dalam artikel. Arti asosiatif menunjukkan kondisi dan budaya orang-orang di Yulin, Cina. Dalam data, jurnalis menggunakan kata seperti `Battlefront` untuk menunjukkan makna konotatif yang menunjukkan makna tidak selalu didasarkan pada kamus. Selanjutnya, jurnalis juga menggunakan kata-kata `pembantaian anjing` untuk menunjukkan makna kolokatif yang menyiratkan makna muncul berdasarkan lingkungan. Kemudian, para jurnalis menggunakan kata seperti `berlari` untuk menunjukkan makna yang tercermin yang menyiratkan makna memiliki arti lain. Selanjutnya, para jurnalis menggunakan kata-kata seperti `teman terbaik` untuk menunjukkan makna gaya yang menyiratkan makna dikomunikasikan dalam keadaan sosial. Selanjutnya, para jurnalis menggunakan kalimat seperti `daging anjing adalah kelezatan. Berani` untuk menunjukkan makna afektif yang menyiratkan makna muncul dari perasaan pribadi dan sikap terhadap. Makna afektif sebagian besar digunakan dalam data penelitian ini karena topik data ini adalah tentang Yulin Festival yang merupakan tradisi daging anjing yang makan yang beberapa orang di Yulin, Cina mendukungnya dan beberapa di antaranya menentangnya. Dari kata-kata yang digunakan oleh jurnalis, diketahui bahwa kutipan langsung digunakan untuk menunjukkan makna afektif, kata kerja digunakan untuk menunjukkan makna yang dipantulkan, kalimat posesif digunakan untuk menunjukkan makna gaya, kata benda digunakan untuk menunjukkan makna konotatif, dan juga kata kerja kata benda + kata kerja digunakan untuk menunjukkan makna kolokatif. Peneliti menunjukkan bahwa para peneliti masa depan melakukan tema yang serupa dengan studi dengan data dan diskusi yang lebih lengkap. Dalam hal ini, jumlah data para peneliti masa depan dapat mengambil berbagai jenis objek seperti dalam film, novel, lagu, dll mungkin dalam bahasa lain juga.

English Abstract

News on internet can be more global because people around the world can access that easily. It means that every person will have different perspective from the news that they read. This research is about associative meaning on articles about Yulin festival on CNN.com. This research has two problems of study: What are types of associative meaning found in the articles about Yulin Festival in CNN.com and How do the journalists use associative meaning in the articles about Yulin Festival in CNN.com. This research used qualitative approach in analyzing associative meaning in articles about Yulin festival on CNN.com. Therefore, the document analysis was used because the data of this study were taken from news articles in a form of written text. The result of this study shows that there are all types of associative meaning used in articles. Associative meaning showed the condition and the culture of people in Yulin, China. In the data, the journalist used word such as “battlefront” to show connotative meaning which shows the meaning is not always based on dictionary. Next, the journalists also used the words “dog slaughter” to show collocative meaning implying a meaning appears based on the environment. Then, the journalists used the word such as “running” to show reflected meaning that implies the meaning has another sense. Further, the journalists used the words such as “man’s best friends” to show stylistic meaning that implies the meaning is communicated in social circumstance. Next, the journalists used a sentence such as "Dog meat is a delicacy. Its nourishing" to show affective meaning that implies the meaning appears from personal feelings and attitude towards. Affective meaning is mostly used in the data of this study because the topic of this data is about Yulin festival that is an eating dog meat tradition that some people in Yulin, China support it and some of them are against it. From the words used by the journalists, it is known that direct quotation is used to show affective meaning, verb-ing is used to show reflected meaning, possessive sentence is used to show stylistic meaning, nouns are used to show connotative meaning, and also noun + verb is used to show collocative meaning. The researcher suggests that the future researchers conduct similar theme of the study with more complete data and discussion. In this case, number of data the future researchers are able to take different kind of objects such as in movie, novel, songs, etc may be in other language as well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/208/,051604906
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Aug 2016 11:06
Last Modified: 19 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102073
[thumbnail of a_study_of_associative_meaning_in_news_articles_by_Putri_Ainur_Islam.pdf]
Preview
Text
a_study_of_associative_meaning_in_news_articles_by_Putri_Ainur_Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item