The Teaching Writing Technique And Problems Faced By The First Year Students At Smp Negeri 13 Malang

Kusnadi, PambukoArinda, (2016) The Teaching Writing Technique And Problems Faced By The First Year Students At Smp Negeri 13 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makalah ini menginformasikan pembaca tentang implementasi penulisan pengajaran oleh guru SMP Negeri 13 Malang. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru bahasa Inggris di SMP Negeri 13 Malang, ditemukan bahwa sebagian besar kesulitan dalam mengajar bahasa Inggris adalah mengajar menulis. Guru juga mengatakan bahwa beberapa siswa kebanyakan menghadapi kesulitan secara tertulis karena beberapa faktor. Oleh karena itu, peneliti menggambarkan implementasi penulisan pengajaran dan masalah yang dihadapi oleh siswa di SMP Negeri 13 Malang. Tujuan dari resercher ini menggambarkan informasi terperinci tentang penulisan pengajaran dan hasilnya mudah-mudahan akan bermanfaat bagi siswa dan guru untuk mengurangi masalah di masa depan sebagai referensi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian dan dilakukan dalam satu observasi kelas. Subjek penelitian adalah 35 siswa dan satu guru bahasa Inggris di kelas VII-I di SMP Negeri 13 Malang. Instrumen penelitian ini adalah panduan wawancara dengan guru bahasa Inggris sebelum memulai proses pengajaran dan juga panduan wawancara untuk siswa di akhir proses pembelajaran. Peneliti juga menggunakan catatan lapangan sebagai alat observasi untuk menuliskan semua kegiatan di dalam kelas. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang belajar menulis pada sore hari merasa bosan dan memiliki lebih sedikit semangat. Oleh karena itu, guru menggunakan teknik pengajaran yang disebut `gambar acak`, teknik ini sangat efektif untuk membuat siswa lebih antusias dan aktif dalam belajar terutama pada sore hari. Di sisi lain, masalah yang dihadapi siswa ditemukan saat belajar menulis adalah ejaan dan kosakata. Penelitian ini juga memberikan beberapa saran. Peneliti merekomendasikan guru bahasa Inggris untuk memberikan situasi yang menyenangkan seperti memainkan beberapa game lain atau teknik dan media lain untuk membuat siswa mudah mengingat materi yang diberikan. Selain itu, guru harus lebih memperhatikan dalam memberikan latihan untuk membuat siswa lebih baik ketika mereka bekerja dalam kelompok. Untuk peneliti masa depan, penelitian ini dapat menjadi referensi yang baik untuk melakukan studi dengan desain penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan prestasi penulisan siswa yang masih mengalami kesulitan dalam belajar menulis terutama dalam ejaan dan kosakata.

English Abstract

This paper informs the readers about the implementation of the teaching writing by the teacher of SMP Negeri 13 Malang. Based on the interview with one of English teacher at SMP Negeri 13 Malang, it was found that the most difficulties in teaching English is teaching writing. The teacher also said that some students mostly faced difficulties in writing because of some factors. Therefore, the researcher described the implementation of teaching writing and problems faced by the students at SMP Negeri 13 Malang. The aim of the resercher is describing the detailed information about teaching writing and the result hopefully will be helpful for both of students and the teacher to reduce the problem in the future as a reference. This research used Descriptive Qualitative as the research design and was conducted in one class observation. The subject of the research were 35 students and one English teacher in VII-I class at SMP Negeri 13 Malang. The instruments of this research were interview guide with English teacher before starting the teaching process and also interview guide for students in the end of learning process. The researcher also used field notes as an observation tool to write down all of the activities inside the class. Besides, the result of this research showed that the students who learnt writing in the afternoon felt bored and had less spirit. Therefore, the teacher used teaching writing technique called “Random Picture”, this technique was very effective to make the students more enthusiastic and active in learning especially in the afternoon. On the other hand, the problems faced by students found while learning writing were spelling and vocabulary. This research also gives several suggestions. The researcher recommended the English teacher to give fun situation like playing some other games or other techniques and media to make students easy to remember the material given. Moreover, the teacher should pay more attention in giving exercises in order to make students better when they work in groups. For future researchers, this research can be a good reference to conduct study with Classroom Action Research design to improve students’ writing achievement who still have difficulties in learning writing especially in spelling and vocabulary.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/203/051604691
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Aug 2016 10:54
Last Modified: 19 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102068
[thumbnail of 2016.pdf]
Preview
Text
2016.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item