Sari, ErniYunita (2016) Competence Mapping Of The Students’ Skill In Writing English Descriptive Text. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam belajar bahasa Inggris, ada empat keterampilan yang harus dikuasai, mereka mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat keterampilan itu, tulisan dianggap sebagai keterampilan yang kompleks dan menantang untuk dipelajari. Selama belajar bahasa Inggris, mahasiswa VIIIA di SMPN7Malang mengalami kesulitan dalam menggunakan tense hadiah sederhana yang benar dan memilih diksi yang sesuai sebagai salah satu fitur tata bahasa dari teks deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan kompetensi keterampilan siswa dan kekuatan dan kelemahan siswa dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris. Ada dua masalah. (1) Bagaimana pemetaan kompetensi keterampilan siswa VIIIA dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris? (2) Apa kekuatan dan kelemahan siswa VIIIA dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris? Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif untuk memahami keterampilan siswa dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris yang tercermin dari skor siswa secara tertulis. Dilihat sebagai fenomena sosial, produk penulisan siswa yang diukur dengan skor kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengungkapkan kekuatan dan kelemahan siswa dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris. Setelah selesai, analisis data kualitatif dan kuantitatif membangun pemetaan kompetensi siswa. Subjek penelitian adalah 24 siswa VIIIA dan guru bahasa Inggris di SMPN7Malang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes, kuesioner dan wawancara. Temuan pertama dari penelitian ini adalah bahwa siswa VIIIA memiliki kompetensi yang baik dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris. Diperlihatkan bahwa 50% siswa termasuk dalam kategori tinggi, 33% berada di kategori menengah dan 17% lainnya dalam kategori rendah. Temuan kedua mengungkapkan bahwa para siswa memiliki kekuatan dalam tiga aspek. konten, organisasi, dan kosakata. Sementara, kelemahan siswa berada dalam dua aspek, mereka adalah tata bahasa dan mekanik. Berdasarkan temuan, penulis berharap bahwa penelitian ini bermanfaat bagi guru bahasa Inggris untuk menemukan media pengajaran audio visual yang lebih tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memproduksi tata bahasa yang benar untuk siswa setelah mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam mengajar menulis , terutama dalam mengajar teks deskriptif. Penelitian ini juga dapat membantu siswa untuk menghindari kesalahan dalam menulis teks deskriptif bahasa Inggris. Akhirnya, penelitian ini juga akan berguna bagi peneliti lebih lanjut sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang lebih baik nanti dengan lebih banyak sumber.
English Abstract
In learning English, there are four skills that must be mastered, they are listening, speaking, reading, and writing. From those four skills, writing is considered as complex and challenging skill to learn. During learning English, VIIIA students at SMPN7Malang had difficulty in using correct simple present tense and choosing appropriate diction as one of the grammatical features of descriptive text. This study was aimed to find out the competence mapping of the students’ skill and the students’ strengths and weaknesses in writing English descriptive text. There were two problems; (1) How is the competence mapping of VIIIA students’ skill in writing English descriptive text? (2) What are the strengths and weaknesses of VIIIA students in writing English descriptive text? This study used descriptive qualitative design to understand the students’ skill in writing English descriptive text reflected from the students’ score in writing. Seen as a social phenomenon, the students’ writing products measured with score were then qualitatively analyzed to reveal the students’ strengths and weaknesses in writing English descriptive text. Once completed, the analysis of both qualitative and quantitative data constructed the students’ competence mapping. The subjects were 24 students of VIIIA and an English teacher at SMPN7Malang. The techniques used in collecting the data were test, questionnaire and interview. The first finding of this study was that VIIIA students had a good competence in writing English descriptive text. It was shown that 50% of the students were included in high category, 33% were in middle category and 17% others were in low category. The second finding revealed that the students had strengths in three aspects; content, organization, and vocabulary. While, the students’ weaknesses were in two aspects, they were grammar and mechanics. Based on the findings, the writer expects that this study is useful for the English teacher to find more appropriate audio visual teaching media to enhance the students’ ability in producing correct grammar for the students after knowing the students’ strengths and weaknesses in teaching writing uncovered, especially in teaching descriptive text. This study can also help the students to avoid errors in writing English descriptive text. Finally, this study will also be useful for further researchers as a reference to conduct better researches later with more sources.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/200/051604688 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 10:01 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102065 |
Preview |
Text
SKRIPSI_ERNI_YUNITA_SARI_125110507111031.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |