Pergeseran Asosiasi Bahasa Taruna Akademi Militer Di Magelang

Wicaksono, AchsanMalik (2016) Pergeseran Asosiasi Bahasa Taruna Akademi Militer Di Magelang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam sebuah komunikasi, bahasa memiliki peranan yang sangat penting. Berdasarkan perkembangan bahasa terdapat beberapa karakteristik yang digunakan oleh orang-orang dalam lingkungan mereka. Dalam hal ini orang-orang yang menggunakan bahasa baru dalam percakapan adalah kelompok anggota taruna Akademi Militer. Penelitian ini terkait Pergeseran Asosiasi Bahasa Taruna Akademi Militer di Magelang. Pada penelitian ini, peneliti memaparkan terkait apa saja dan bagaimana bentuk-bentuk pergeseran asosiasi bahasa taruna akademi militer yang muncul pada saat mereka pesiar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam menganalisis data pergeseran asosiasi yang digunakan oleh anggota taruna pada saat melakukan kegiatan pesiar di hari Rabu, Sabtu, dan Minggu. Informan dalam penelitian ini adalah taruna tingkat dua, tiga, dan empat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori terkait pergeseran asosiasi bahasa. Untuk mendapatkan data pergeseran asosiasi semantik, peneliti menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Dalam menganalisis data, penulis pada awal mulanya akan mereduksi data, lalu menyajikan data, dan terakhir akan menarik kesimpulan dari data yang didapat. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil reduksi data yang dilakukan, peneliti menemukan sembilan belas kata yang mengalami pergeseran asosiasi dan digunakan oleh anggota taruna pada saat melakukan pesiar. Data yang didapatkan akan dipilah berdasarkan jenis kata dan tipe yang sesuai dengan teori yang digunakan oleh peneliti. Data yang dipisahkan berdasarkan jenis kata terbagi menjadi tiga belas data yang masuk pada jenis idiom, tiga jenis data yang masuk pada leksem, dan tiga jenis data yang masuk pada reduplikasi. Data pergeseran asosiasi yang dipisahkan berdasarkan tipenya yaitu terdiri dari tiga data yang dihubungkan dengan hewan, empat data yang dihubungkan dengan tempat, enam data yang dihubungkan dengan aktivitas, tiga data yang dihubungkan dengan benda, dan tiga data yang dihubungkan dengan sifat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/192/051604143
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Aug 2016 11:03
Last Modified: 19 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102056
[thumbnail of ACHSAN_MALIK_WICAKSONO.pdf]
Preview
Text
ACHSAN_MALIK_WICAKSONO.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item