Sari, SusantiNovita (2016) Study of Motivation and Attitudes of First Semester Engineering Students: Based on Gender, University Entrance Examination, and Study Programs. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional jarang digunakan oleh negara-negara yang tidak menerapkan Bahasa Inggris sebagai Bahasa utamanya. Karena itu, untuk menguasainya, pelajar Bahasa Inggris harus mendedikasikan lebih banyak waktu untuk menekankan dua faktor dominan yang dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya pembelajaran Bahasa Inggris tersebut: motivasi dan perilaku. Dalam studi ini, penulis melakukan penelitian mengenai motivasi dan perilaku mahasiswa semester satu Fakultas Teknik berdasarkan beberapa faktor, yakni jenis kelamin, tes masuk universitas, dan program studi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena data yang dianalisa berbentuk data statistik.Subjek berjumlah 296 orang, diambil secara acak dari total 1.116 mahasiswa semester satu di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.Survei dilakukan menggunakan Attitudes/ Motivation Test Battery (AMTB). Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa mahasiswa semester satu Fakultas Teknik termotivasi baik secara intergratif dan instrumental.Mereka juga memiliki perilaku yang positif terhada Bahasa Inggris dan komunitasnya.Selain itu, jenis kelamin juga berpengaruh terhadap motivasi dan perilaku para mahasiswa, dengan perempuan mempunyai motivasi lebih tinggi dan perilaku lebih baik dibandingkan laki-laki.Faktor lainnya, seperti tes masuk universitas, juga mempengaruhi tingkat motivasi dan perilaku.Mahasiswa yang melalui jalur SBMPTN mempunyai motivasi tertinggi, sementara mereka yang menempuh jalur SNMPTN dan UM mempunyaiperilaku lebih positif dibanding SBMPTN. Akhirnya, melalui penelitian ini, penulis menyarankan agar mahasiswa semester satu Fakultas Teknik untuk mempelajari Bahas aInggris dengan lebih giat agar bisa berkompetisi di era globalisasi saat ini, atau setidaknya memperoleh hasil lebih baik di akhir semester. Selain itu, pengajar Bahasa Inggris seharusnya mampu membuat proses belajar mengajar menarik yang mampu meyakinkan para mahasiswa. Terakhir, penelitian-penelitian selanjutnya diharapkan untuk menginvestigasi level motivasi dan perilaku melalui sudut pandang yang berbeda untuk memperkaya studi di bidang ini.
English Abstract
English as an international language is barely spoken by the people outside English-speaking countries. Therefore, in order to master the language, English learners should devote more time to give emphasize on two dominant factors which are said to influence learners’ success or failure in learning English; motivation and attitudes. In this study, the writer conducted a research about first semester engineering students’ motivation and attitudes based on some factors namely gender, university entrance examination, and study programs as well. This study used descriptive quantitative approach since the data being analyzed was in the form of statistical data. A simple random sample of 296 participants out of 1.116 first semester students majoring Engineering at Universitas Brawijaya were surveyed using the Attitudes/ Motivation Test Battery (AMTB). In this study, the writer revealed that first semester Engineering students were both integratively and instrumentally motivated. They also had positive attitudes towards English and its community. Besides, gender mattered to influence the students’ motivation and attitudes by showing that female students had higher motivation and better attitudes than the males. While another factor such as university entrance examination also influenced students’ degree of motivation and attitudes which showed those who were from SBMPTN test had the highest motivation than the others, while those who were from SNMPTN and UM had higher positive attitudes than SBMPTN students. Finally, through this study, the writer suggests first semester Engineering students to learn English harder to compete in this globalization era, or, at least achieve better in the end of the semester. Besides, the English lecturers’ are supposed to be able to design teaching and learning activities attractively to persuade the students. Last but not least, future researchers are expected to investigate degree of motivation and attitudes from different point of view in order to enrich the study in this topic.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/18/051601153 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 03 Mar 2016 09:22 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 01:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102042 |
Preview |
Text
SUSANTI_NOVITA_SARI_(125110101111043).pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |