Jayanti, PuputKartika (2016) Improving Students’ Speaking Ability Using Role Play Technique (A Classroom Action Research At The Tenth Year Students Of Social Science Class In Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sekarang ini, Indonesia menghadapi era global. Hal ini membutuhkan Bahasa internasional untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai negara di dunia. Berdasarkan pada fenomena tersebut, kemampuan berbicara harus bisa dikuasai oleh setiap orang untuk berkomunikasi. Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia dan juga salah satu bahasa internasional yang dipelajari diberbagai tingkatan, yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Namun, pengajaran bahasa Inggris di beberapa Sekolah Menengah Atas tidak menunjukkan hasil yang baik. Banyak siswa gagal dalam mencapai tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris. Siswa tidak mampu untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris meskipun siswa telah mempelajari Bahasa Inggris selama bertahun-tahun. Berdasarkan pada studi awal dalam penelitian yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo khususnya kelas X IIS 1, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan pada cara pengucapan, percaya diri, kosakata, dan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Selain itu, pengajaran berbicara di kelas masih menggunakan teknik mengajar yang sederhana seperti membaca nyaring didepan kelas. Oleh karena itu, peneliti mengajukan teknik role play melalui naratif teks yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, mencakup 1 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan. Beberapa instrumen juga digunakan dalam penelitian ini untuk mendukung pengumpulan data. Instrumen tersebut yaitu wawancara, lembar observasi, tes, kuesioner, dan catatan lapang. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari nilai siswa pada studi awal dan studi akhir. Pada studi awal ditemukan bahwa hanya 13 siswa (37%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kemudian terdapat kenaikan pada studi akhir, terdapat 29 siswa (82.85%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan temuan penelitian, 3 saran diberikan kepada guru, siswa, dan peneliti selanjutnya. Dalam penerapan teknik, guru harus mampu memilih materi yang cocok dan tidak memberatkan siswa. Bagi siswa, mereka tidak boleh malu dan harus berani untuk berbicara di kelas. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya, dianjurkan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan teknik role play dalam kemampuan behasa yang berbeda.
English Abstract
Nowadays, Indonesia faces globalization era. It requires an international language to communicate with other people from different countries in the world. Reflecting to the phenomenon, speaking ability is the most frequently used to communicate. English as a foreign language in Indonesia becomes one of the international languages learned in various levels, they are elementary schools, junior high schools, and also in senior high schools. However, the English instruction in some senior high schools does not demonstrate a satisfactory result. Many students fail to reach the goal in teaching English. They are not able to communicate with the language although they have learned English for many years. Based on the preliminary study that was conducted at SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, especially in X IIS 1 class, most of the students still found some difficulties in pronounciation, confidence, vocabulary, and grammar. In addition, the teaching of speaking in the classroom still uses a traditional teaching technique such as read aloud in front of the class. Thus, the researcher proposed role play technique through narrative text to improve students’ speaking ability. The design of this study was classroom action research which consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. In this study, the researcher conducted 1 cycle that contained 3 meetings. Besides, some intruments were also used in this research to support the data collection. Those instruments were interview guide, observation checklist, test, questionnaire, and field notes. Based on the data obtained on the research, there was an improvement on the students’ score in the pre-test and post-test. In the pre-test, there were only 13 students (37%) who passed the KKM. However, there was an improvement result in the post-test, there were 29 students (82.85%) who passed the KKM. Based on the research findings, three suggestions are provided for the teacher, students, and future researchers. In implementing this technique, the teacher should be able to choose the appropriate material and do not burden the students. For the students, they are not to be shy and should be brave to speak in the class. Then, recomendation for the future researcher is to conduct the research by implementing role play technique in the other language skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/178/ 051601296 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Mar 2016 13:35 |
Last Modified: | 08 Mar 2016 13:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102040 |
Actions (login required)
View Item |