The Implementation of Teaching Speaking at XMIA8 in SMA Negeri 1 Manyar Gresik.

Utami, CitraWulan (2016) The Implementation of Teaching Speaking at XMIA8 in SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul “The Implementation of Teaching Speaking at XMIA8 in SMA Negeri 1 Manyar Gresik”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pengajaran speaking pada kelas X-MIA8 di SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Penelitian ini mendeskripsikan materi pembelajaran berbicara, media pembelajaran berbicara, teknik mengajar berbicara, dan bahasa dikelas yang digunakan guru dan murid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah salah satu guru bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Manyar (SMANEMA) Gresik. Pemilihan subyek penelitian ini berdasarkan pengalaman mengajar yang baik, kemampuan bahasa Inggris yang baik, dan predikat guru tersebut sebagai guru terbaik. Guru ini juga memiliki sertifikat mengajar. Sedangakan pemilihan kelas adalah berdasarkan motivasi belajar siswa di kelas tersebut yang lebih besar dari kelas lainnya. Untuk melengkapi data, peneliti menggunakan wawancara dan lembar observasi. Sumber data berupa kegiatan yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar berbicara di kelas yang sesuai dengan apa yang diteliti. Data yang terkumpul dianalisa dengan mengikuti prosedur seperti memilih data, menyajikan data, dan merangkum data (Miles & Huberman, 1994). Di dalam penelitian ini, ditemukan bahwa SMANEMA menggunakan kurikulum 2013. Bahan ajar yang digunakan guru dan murid adalah buku dari pemerintah Bahasa Inggris Kelas X dan LKS Permata dai CV. Cahaya Pustaka. Media pembelajaran yang digunakan ketika diobservasi adalah buku, LKS, gambar, laptop, LCD Projector. Metode pengajaran yang digunakan berupa presentasi siswa, pertanyaan dan jawaban, dan diskusi. Bahasa dikelas yang digunakan oleh guru sangat membantu siswa untuk lebih memahami tentang bahasa di kelas, jadi siswa akan memahami instruksi dan pujian dari guru. Selama observasi, guru menggunakan kata-kata baru tetapi siswa dapat memahami karena guru memberikan sebuah sebuah petunjuk menggunakan bahasa tubuh. Bahasa kelas telah dimengerti siswa karena guru selalu melatih mereka dengan kata-kata yang sama. Ringkasnya, materi LKS belum sesuai karena beberapa materi tidak cocok dengan kompetensi dasar. Materi dari buku pemerintah, media dan juga teknik mengajar sudah sesuai dengan kurikulum dan juga siswa. Guru tersebut telah sangat baik dalam penggunaan bahasa kelas untuk membuat siswa lebih memahami tentang bahasa kelas.

English Abstract

The title of this research is “The Implementation of Teaching Speaking at X-MIA8 in SMA Negeri 1 Manyar Gresik”. This present study is aimed to describe the implementation of teaching speaking at X-MIA8 in SMA Negeri 1 Manyar Gresik. This research describes the instructional materials in speaking, instructional media in speaking, teaching techniques in speaking and classroom language used by the teacher and students. This study was a descriptive qualitative research. The main subject was one English teacher of SMA Negeri 1 Manyar (SMANEMA) Gresik. The choice of the teacher is based on good teaching experiences, good English ability, and being best predicate of English teacher that he owns. The choice of class is based on their learning motivation is higher than other. For completing the data, the researcher used interview guide and observation sheet. The data source were all activities in the classroom during speaking teaching learning process. The collected data were analyzed by conducting data reduction, data display, and conclusion (Miles & Huberman, 1994). In this research, it is found that SMANEMA used curriculum 2013. The teaching speaking material used by the teacher and the students were textbook from government Bahasa Inggris Kelas X and LKS Permata from CV. Cahaya Pustaka as workbook. The teaching media used during observation were textbook, LKS, picture, laptop, and LCD projector. The teaching speaking techniques used were student’s questions and answer, discussion, and presentations. The classroom language used by teacher was very helpful for students to understand more and more about classroom language, so the students will understand about the instruction and compliment from the teacher. In conclusions, the speaking materials for worksheet is did not appropriate with the curriculum because some of materials did not match with the basic competences. The textbook from government, media and also teaching technique in the speaking that are used by the teacher were appropriate with the curriculum and students. The English teacher was also very great to use classroom language to make students understand more about classroom language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/144/ 051601300
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Mar 2016 14:48
Last Modified: 10 Mar 2016 14:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102003
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item