An Analysis Of Written Stylistic Devices Of Semantic, Phonology, And Syntactic Levels Found In Bravacasa Magazine

Rahmadhani, Siti (2016) An Analysis Of Written Stylistic Devices Of Semantic, Phonology, And Syntactic Levels Found In Bravacasa Magazine. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis stalistika merupakan sebuah metode yang berhubungan dengan bahasa dan gaya. Analisis stalistika mengidentifikasi dan mengelompokkan elemen-elemen bahasa yang digunakan manusia dalam hal interpretasi teks. Metode analisis dapat dilihat pada teks dengan mengamati dan melakukan analisis pada bagian yang berhubungan dengan kalimat. Konsep untuk mengorganisir seluruh text atau ungkapan-ungkapan yang berhubungan dengan terminologi linguistik disebut sebagai tingkatan bahasa. Analisis stalistika perlu untuk dianalisis karena bahasa dan gaya memproduksi makna dalam menulis kreatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 3 terminologi linguistik yaitu semantik, fonologi, dan sintaktik. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja tingkat semantik yang digunakan dalam tajuk iklan di majalah Bravacasa (2) Apa saja tingkat fonologi yang digunakan dalam tajuk iklan di majalah Bravacasa (3) Apa saja tingkat sintaktik yang digunakan dalam tajuk iklan di majalah Bravacasa. Penulis menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis karena berhubungan dengan data bahasa dan komponennya. Penulis menggunakan majalah Bravacasa sebagai materi dari analisis dokumen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tajuk iklan. Penulis menemukan 18 iklan dimana kebanyakan menawarkan beberapa mabel, desain, dan perlengkapan canggih untuk memenuhi dekorasi di rumah. Hasil dari analisis, dalam tingkatan semantik, penulis menemukan 6 tipe, yaitu: Metafora, Personifikasi, Hiperbola, Sinekdot, Simbol, dan Metonimi. Dalam tingkatan fonologikal, penulis hanya menemukan 1 tipe yaitu, Assonansi. Selanjutnya, dalam tingkatan sintaktikal penulis menemukan 4 tipe yaitu: Klimaks, Anti-klimaks, Paralelisme, dan Repetisi. Majas yang paling banyak digunakan dalam tingkatan semantik adalah Personifikasi, sementara itu struktur kalimat yang paling banyak digunakan dalam tingkatan sintaktikal adalah Klimaks. Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan kalimat di dalam tajuk iklan merupakan sebuah media aktif untuk menyampaikan pesan kepada pembaca untuk mencegah kesalahan interpretasi atau kesalah pahaman informasi. Melalui iklan yang ada di dalam majalah, pesan dari produsen akan disampaikan dengan baik karena text lebih mudah dibaca. Penelitian ini hanya fokus pada semantik, fonologi, dan sintaktik, maka penulis berharap bahwa peneliti selanjutnya dapat mengadakan studi terminologi linguistik dengan bidang yang berbeda serta menggunakan studi objek yang berbeda pula, misalnya teks pidato, novel, puisi, lirik, film, dsb.

English Abstract

Stylistic analysis is a method that related with the use of language and style. It classifies and identifies the elements of language being used by human in terms of textual interpretation. The method of analysis can be seen as looking at the text by observing and performing the context of passage. The concept of organizing the whole text or utterances that related to linguistic terms is called as levels of language. Since the language and style are produced the meaning in many creative writing skills, stylistic analysis is necessary to be analyzed. In this study, the writer uses 3 linguistic terms there are semantic, phonology, and syntactic. There are three problems of the study, they are: (1) What are the semantic level that used in headline advertisement of Bravacasa magazine; (2) What are the phonology level that used in headline advertisement of Bravacasa magazine; (3) What are the syntactic level that used in headline advertisement of Bravacasa magazine. The writer used qualitative method to analyze since it deals with the language data and its component. The writer used Bravacasa magazine as the material of document analysis. The instrument used in this study was the headline of advertisement. The writer found 18 advertisements which mostly were offering some furniture, designs, and the sophisticated things to complete home décor. The result of the analysis, the writer found 6 types in semantic level namely: Metaphor, Personification, Hyperbole, Synecdoche, Symbol, and Metonymy. In phonology level, the writer only found 1 type namely: Assonance. Furthermore, in syntactic level, the writer found 4 types namely: Climax, Anti-climax, Parallelism, and Repetition. The most figurative language used in semantic level was Personification, meanwhile the most sentence structure used in syntactic level was Climax. The writer concluded that the use of sentence in headline advertisement is an active media to deliver a message to the reader in order to prevent misinterpretation or misunderstanding of the information. Through the advertisement in a magazine, the message from the producer would be delivered as well because text is more readable. Since in this study only concerns on semantic, phonology, and syntactic, the writer hopes that the future researchers can conduct other kinds of linguistic terms and use different object of the study such as speech, novel, poetry, lyric, movie, etc.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/142/ 051601298
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Mar 2016 14:12
Last Modified: 10 Mar 2016 14:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102001
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item