The Interpretation Of ‘Beach Body Ready’ Issue In Protein World Advertisement

Patulak, CecyliaRura (2016) The Interpretation Of ‘Beach Body Ready’ Issue In Protein World Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan mengandung konten yang tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan, tetapi juga mendikte masyarakat dalam menyampaikan sebuah ideologi. Dalam hal ini, masyarakat memiliki penafsiran yang berbeda terhadap sesuatu seperti saat memberikan interpretasi terhadap iklan yang disajikan oleh Protein World. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana struktur wacana pada iklan yang disajikan oleh Protein World (2) Apa saja interpretasi masyarakat terhadap iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dokumen analisis sebagai teknik analisa data. Data yang digunakan bersumber dari data daring yang diambil dari sebuah situs. Penelitian ini mengungkapkan struktur wacana pada iklan Protein World dengan slogan Are You Beach Body Ready? dan penafsiran dari masyarakat terhadap iklan tersebut. Pertama, analisis teks dalam struktur mikro menampilkan hasil analisis berdasarkan elemen dari sintaksis dan retorik yang menunjukkan iklan tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk. Hal ini sejalan dengan penafsiran dari perusahaan. Kemudian, hasil dari struktur makro dengan tiga aturan makro juga menampilkan hasil yang serupa bahwa iklan tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk. Sementara superstruktur menunjukkan beberapa elemen pada iklan seperti slogan, sebaris kalimat penjelas, ilustrasi, logo perusahaan, produk, dan media sosial perusahaan. Pengiklan memperjelas slogan dan ilustrasi pada iklan untuk menarik perhatian masyarakat. Kedua, peneliti menemukan bahwa tafsiran dari peneliti sejalan dengan tafsiran perusahaan pada hasil analisis teks and praktik diskursif bahwa pengiklan memiliki maksud untuk mempromosikan produk. Sementara tafsiran peneliti sejalan dengan tafsiran masyarakat pada hasil analisis praktik kultur sosial bahwa bahasa iklan yang digunakan tidak mempengaruhi masyarakat dalam menanamkan ideologi baru namun ilustrasi gambar pada iklan memiliki pengaruh yang kuat. Melalui penelitian ini, peneliti mengharapkan pembaca agar lebih selektif dalam menafsirkan pesan dalam sebuah iklan, yang tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan produk, tetapi juga mendikte masyarakat. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk menyelidiki studi yang lebih mendunia dan mendalam mengenai iklan atau jenis wacana yang lebih menarik dengan menggunakan teori Analisis Wacana Kritis dari ahli yang lain seperti Ruth Wodak.

English Abstract

Advertisement contains some elements which not only to advertise but also dictate people in forming ideology interpreted differently as presented in Protein World advertisement. The researcher conducts this study in order to find out the structure of tagline of Protein World advertisement and identify the interpretation of society of the advertisement. There are two problems to be solved in this study, namely: (1) What is the structure of discourse in the advertisement of Protein World (2) What are the interpretations of society toward the advertisement. This study uses qualitative descriptive approach with the content analysis as the data analysis technique. The data sources used in this study are online data sources from the Internet. This study reveals structure of discourse in the advertisement of Protein World with its tagline Are You Beach Body Ready? and the interpretations of society toward the advertisement. First, in textual analysis, microstructure presents the result of analysis based on syntax and rhetoric elements shows it is merely to advertise its product which is in line with the company’s interpretation. Then, the result of macrostructure analysis with three macro rules also shows that the purpose of the advertiser is to promote Protein World products. In superstructure, it shows some advertisement elements such as headline, baseline, illustration, logotype, products, and address of social media of the company. The advertiser bold the tagline and illustration in advertisement to attract people. Second, the researcher found that researcher’s interpretation is in line with company’s interpretation in textual analysis and discursive practice which has a purpose to advertise the product, while in the socio-cultural practice the researcher agree with the society that language has less power in giving impact and forming new ideology to society because the picture is more powerful. By doing this study, the researcher expects the readers to be more selective in receiving message from advertisement which is not only to advertise product but also to dictate people. The researcher suggests next researchers to investigate wider and deeper study about advertisement or other kind of interesting discourse using theory of CDA proposed by another expert like Ruth Wodak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/115/ 051601251
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Mar 2016 10:10
Last Modified: 07 Mar 2016 10:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101972
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item