Pengembangan Media Pembelajaran Amplop Pintar Dalam Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Bagi Siswa Kelas Vii Smp/Mts

Prasetyo, ErfandaHadi (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Amplop Pintar Dalam Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Bagi Siswa Kelas Vii Smp/Mts. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media pembelajaran menjadi bagian penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Media sebagai sarana penyampaian informasi yang berbeda dibandingkan dengan cara yang selama ini telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran amplop pintar dalam menyusun teks laporan hasil observasi bagi siswa kelas VII. Penelitian pengembangan adalah penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau menghasilkan suatu produk tertentu. Dalam penelitian ini produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran. Model pengembangan yang akan dilaksanakan berdasarkan model Borg & Gall. Pengembangan tersebut dibagi menjadi empat tahapan yaitu tahap prapengembangan, pengembangan, uji coba, dan pascapengembangan (revisi). Pada uji coba tahap 1 menunjukkan aspek isi media memperoleh persentase dari ahli materi 66.25%, praktisi 95.5%, dan siswa 85%. Aspek tampilan media memperoleh persentase dari ahli media 66.5%, praktisi 85%, dan siswa 88.5%. aspek bahasa media memperoleh persentase dari ahli materi sebesar 70%, praktisi 100%, dan siswa 83.5%. Pelaksanaan revisi tahap 1 dilaksanakan berdasarkan hasil uji coba tahap 1 dan saran perbaikan dari subjek coba. Selanjutnya uji coba tahap 2 menunjukkan aspek isi media memperoleh persentase dari ahli materi sebesar 100%, praktisi 100%, dan siswa 77.7%. Aspek tampilan media memperoleh persentase dari ahli media 86.6%, praktisi 95%, dan siswa 80.7%. Aspek bahasa media memperoleh persentase dari ahli materi sebesar 100%, praktisi 100%, dan siswa 79.3%. Revisi tahap 2 tetap dilaksanakan berdasarkan saran perbaikan demi penyempurnaan produk akhir. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa secara keseluruhan aspek yang dikembangkan yaitu isi, tampilan, dan bahasa yang digunakan dalam media amplop pintar mendapat kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

English Abstract

Instructional media has become the significant part of study process. The instructional media become the means of transferring information that is different from the existing means. This research is aimed to develop instructional media namely smart envelope in composing report of observation for seven grader of junior high school students. Developing research is a research that is used to develop or create certain product. And, the product of this research is instructional media. The developing model that will be applied in this research is Borg & Gall model. This model is divided into four phases, they are the pre-developing phase, developing phase, trial phase, and post-developing (revision). The first trial describe the content of media taken from the expert 66.25%, practitioner 95.5%, and students 85%. The performance of media shows the result as follows: the expert 66.5%, practitioner 85%, and students 88.5%. The language of the media shows the result as follows: expert 70%, practitioner100%, and students 83.5%. The first revision is conducted based on the first trial and the revision recommendation from the subject of the trial. Next, the second trial describe the content of media taken from the expert 100%, practitioner 100%, and students 77.7%. The performance of media shows the result as follows: expert 86.6%, practitioner 95%, and students 80.7%. The language of the media shows the result as follows: expert 100%, practitioner 100%, and students 79.3%. The second revision is conducted based on the revision recommendation for the sake of the perfection of the final result. The result of the development shows that all of the aspects that are developed such as the content, performance, and language used in the instructional media namely smart envelope is appropriate to use in the study process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/109/ 051601245
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:40
Last Modified: 11 Mar 2016 13:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101965
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item