Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Teknik Mind Mapping Siswa Kelas X MA NU Mazro’atul Ulum Paciran, Kab. Lamongan.

AlAkbar, MuhammadAmir (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Teknik Mind Mapping Siswa Kelas X MA NU Mazro’atul Ulum Paciran, Kab. Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 bertujuan supaya siswa kelas X Madrasah Aliah mampu menulis paragraf argumentasi dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa merasa kesulitan menentukan topik mengembangkan topik menjadi paragraf argumentasi dan menyertakan alasan yang logis dan faktual secara utuh dengan memperhatikan ejaan yang tepat sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap hasil kemampuan menulis siswa pada kompetensi dasar menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragaraf argumentasi. Teknik mind mapping dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X MA NU Mazro’atul Ulum Paciran melalui teknik mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X MA NU Mazro’atul Ulum Paciran melalui teknik mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A MA NU Mazro’atul Ulum Paciran yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 72.61, pada siklus I pertemuan 2 sebesar 79.55 , pada siklus II pertemuan 1 sebesar sebesar 85.11, dan pada siklus II pertemuan 2 sebesar 89.47. Dilihat dari hasil tes menulis paragraf argumentasi pada siklus I pertemuan 1 diketahui 5 dari 12 siswa telah mencapai nilai KKM (75) dengan persentase ketuntasan 41.66% kemudian pada siklus I pertemuan 2 diketahui 8 dari 12 siswa telah mencapai nilai KKM (75) dengan persentase ketuntasan 66.66%, kemudian pada siklus II pertemuan 1 diketahui 11 dari 12 siswa telah mencapai nilai KKm (75) dengan persentase ketuntasan 91.66%, dan yang terakhir pada siklus II pertemuan 2 diketahui 12 dari 12 siswa telah mencapai KKM (75) dengan persentase ketuntasan 100.00%.

English Abstract

KTSP 2006 aims in order to the students of X grade in Islamic Senior High School are able to write argumentation paragraph appropriately and apply it in daily life. The problem of this study is that the students feel difficult to develop the topic to be argumentation paragraph fully by concerning the appropriate pattern, therefore, it affects toward the result of students’ ability to write basic competition writing idea to support an opinion in the form of argumentation paragraph. Mind Mapping technique is chosen as the alternative way to overcome the problem which is experienced by students. This study aims to improve argumentation paragraph writing ability of students X grade MA NU Mazro’ul Ulum Paciran through Mind mapping technique. The type of research which is used in this study is classroom action research (CAR). CAR is aimed to improve the ability of students X grade MA NU Mazro’ul Ulum Paciran to write argumentation paragraph through Mind mapping technique. This research is conducted in two cycles and the subject of this research is 12 students of X grade MA NU Mazro’ul Ulum Paciran. The result of this study shows the average score of students ability to write argumentation paragraph gets improved in the first meeting of first cycle as 72.61, in the second meeting of first cycle as 79.55 Judging from the findings of the test write paragraphs argumentation the cycle I meetings 1 not 5 of the 12 students has reached value KKM ( 75 ) with 41.66 % completeness on cycle then I meeting 2 note 8 of the 12 students has reached value KKM ( 75 ) with 66.66 % completeness, then on cycle II meeting 1 note 11 of the 12 students has reached value KKM ( 75 ) with 91.66 % completeness, and the latter in the cycle II meeting 2 note 12 of the 12 students has been reached KKM ( 75 ) with completeness 100.00 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/108/ 051601244
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Mar 2016 15:07
Last Modified: 11 Mar 2016 15:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101964
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item