Types of Grammatical Error In Writing Narrative Texts Made by The 2nd Year of Class Bahasa At SMA Negeri 9 Malang

Natali, Dessy (2016) Types of Grammatical Error In Writing Narrative Texts Made by The 2nd Year of Class Bahasa At SMA Negeri 9 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Judul penelitian ini adalah `jenis kesalahan tata bahasa dalam menulis teks naratif yang dibuat oleh tahun ke-2 kelas Bahasa di SMA Negeri 9 Malang`. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa itu kelemahan siswa secara tertulis terutama pada tata bahasa mereka, di mana mereka paling gagal. Sehingga guru dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman murid-muridnya dalam belajar bahasa Inggris, lebih fokus pada tata bahasa mereka. Dan setelah mengetahui bahwa, ia dapat menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah tahun ke-2 kelas Bahasa di SMA Negeri 9 Malang. Tetapi, teks-teks naratif dari siswa yang tidak lulus skor minimum / SKL akan menjadi objek yang akan dianalisis. Dan untuk penambahan data, penulis juga memberikan kuesioner untuk siswa dan guru, dan apakah panduan wawancara juga. Penelitian ini menggunakan teori taksonomi strategi permukaan oleh Dulay et al (1982). Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah informasi yang salah, terutama kesalahan informasi kata kerja. Jumlah kesalahan adalah 64%, pada posisi kedua adalah kelalaian 21%, diikuti oleh penambahan 10% dan misordering terakhir 5%. Dan jika kita membandingkan hasil dari teks naratif dengan hasil dari kuesioner, mereka juga dapat dipertahankan. Setelah melihat hasilnya, kita dapat menyimpulkan bahwa walaupun mereka adalah siswa bahasa yang dianggap sebagai siswa yang memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik, mereka masih dapat melakukan kesalahan. Jadi walaupun kita berpikir mereka atau bahkan diri kita memiliki kemampuan yang lebih baik daripada yang lain, lebih baik bagi kita untuk terus belajar dan berlatih sehingga kemampuan kita dapat ditingkatkan dan kita dapat melakukan lebih sedikit kesalahan di tata bahasa kita. Ini dapat bermanfaat juga untuk diri kita sendiri di masa depan, dan terutama bagi siswa dari kelas Bahasa.

English Abstract

The title of this reserach is “Types of Grammatical Error In Writing Narrative Texts Made by The 2nd Year of Class Bahasa At SMA Negeri 9 Malang”. This study is aimed to know what is students’ weakness in writing especially on their grammar, where they most failed in. So that the teacher can know how far his students’ understanding in learning English, more focus on their grammar. And after knowing that, he can find the solution in order to solve the problem. This study was descriptive qualitative research. The object of this research was the 2nd year of class bahasa at SMA Negeri 9 Malang. But, the narrative texts from the students who did not pass the minimum score/SKL would be the object to be analyzed. And for data addition, the writer also gave questionaires for students and teacher, and did the interview guide as well. This study used the theory of surface strategy taxonomy by Dulay et al (1982). In this research, it is found that the most frequent error commited by students was misinformation, especially misinformation of verb. The number of error was 64%, in second position was omission 21%, followed by addition 10% and the last misordering 5%. And if we compared the result from narrative texts with the result from questionaires, they were relatable as well. After seeing the result, we can conclude that eventhough they are language students who are considered as the students who have better ability in language, they still can commit errors. So eventhough we think they are or even ourselves have better ability than any other, it is better for us to keep learning and practicing so that our ability can be improved and we can commit less errors especially in our grammar. It can be useful as well for ourselves in the future, and especially for the students from class bahasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/10/051601145
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 04 Mar 2016 09:32
Last Modified: 19 Oct 2021 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101955
[thumbnail of SKRIPSI_DESI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_DESI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item