The Interpretation of Pria Punya Selera Slogan Used in Gudang Garam Cigarette Advertisement: Critical Discourse Analysis.

Prista, EvaKurnia (2015) The Interpretation of Pria Punya Selera Slogan Used in Gudang Garam Cigarette Advertisement: Critical Discourse Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menganalisa slogan “Pria Punya Selera” didalam iklan Gudang Garam berdasarkan tiga dimensi wacana dalam teori analisis wacana kritis Fairclough. Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan: (1) makna slogan “Pria Punya Selera” yang digunakan pada iklan Gudang Garam berdasarkan tiga dimensi wacana didalam model Analisis Wacana Kritis Fairclough, (2) interpretasi dari konsumen laki-laki rokok Gudang Garam di Program Studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya terhadap slogan “Pria Punya Selera” yang digunakan pada iklan Gudang Garam, dan (3) pengaruh ajakan dari slogan “Pria Punya Selera” yang digunakan pada iklan Gudang Garam terhadap konsumen laki-laki rokok Gudang Garam di Program Studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisa isi atau dokumen untuk menganalisa makna slogan “Pria Punya Selera” dan interpretasi konsumen. Dalam proses pencarian data, terdapat dua proses yaitu observasi dan interview. Sebagai tambahan, peneliti juga menggunakan data pendukung seperti kuesioner dan panduan wawancara untuk menyelesaikan penelitian ini. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan dua proses, pertama menganalisa kalimat slogan dan kemudian menganalisa hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa makna slogan “Pria Punya Selera” dibentuk dari tiga kata yang secara ideologi diperjuangkan dan beberapa fitur linguistik yang terkandung didalamnya. Pada tahap interpretasi, tujuan utama dari produksi teks dan interpretasi teks dapat dipenuhi dengan baik, hal ini dibuktikan dengan interpretasi dari konsumen. Akan tetapi, slogan ini tidak cukup mempengaruhi konsumen dalam memilih rokok yang mereka suka karena rasa dan harga dari sebuah rokok tetap menjadi alasan utama. Kesimpulannya, slogan ini tidak memberikan dampak yang membujuk kepada konsumen untuk memilih rokok Gudang Garam karena konsumen lebih memilih rokok Gudang Garam bedasarkan rasa dan harga yang terjangkau. Slogan ini hanya memberikan kesan yang baik dan menarik bagi para perokok. Peneliti menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk memperkaya bidang penelitian ini dan mungkin mengeksplorasi objek lain dengan teori AWK yang berbeda. Itu akan sangat berguna untuk pembangunan pengetahuan terutama dalam AWK.

English Abstract

This research tries to analyze Pria Punya Selera slogan used in Gudang Garam advertisement based on three dimensions of discourse in Fairclough’s Critical Discourse Analysis (CDA) framework. It is conducted to find out: (1) the meaning of Pria Punya Selera slogan based on three dimensions of discourse in Fairclough’s model of CDA, (2) the interpretations of Gudang Garam Cigarette male consumers in Study Program of English Universitas Brawijaya towards the Pria Punya Selera slogan used in Gudang Garam advertisement, and (3) the persuasive impact of Pria Punya Selera slogan used in Gudang Garam advertisement towards the Gudang Garam cigarette male consumers in Study Program of English Universitas Brawijaya. This research uses a qualitative approach by using content or document analysis to analyze the meaning of Pria Punya Selera slogan and the consumers’ interpretation. There are two steps in collecting the data, namely observation and interview. In addition, the researcher also uses instruments such as questionnaire and interview guide to conduct this research. In analyzing the data, the researcher uses two processes, firstly analyzing the sentence of the slogan text and then analyzing the result of interview. The findings reveal that the meaning of Pria Punya Selera slogan is composed of three words which is ideologically contested and some of linguistic features which are included in it. At the level of interpretation, the main goal of text production and text interpretation of Pria Punya Selera slogan are fulfilled well, proven by the consumers’ interpretation. However, this slogan does not significantly influence the consumers since the flavor and price are the main factors influencing them in choosing their cigarette. In conclusion, this slogan does not give persuasive impact to consumers in choosing Gudang Garam cigarette, instead the consumers prefer to choose Gudang Garam cigarette based on flavor and affordable price. This slogan only gives a good and interesting impression for consumers. Finally, the researcher suggests for the next researcher enrich the field of this research and possibly explore other numerous objects with different theories of CDA. It will be very useful for the knowledge development especially in critical discourse analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/92/051501405
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Feb 2015 14:06
Last Modified: 18 Oct 2021 14:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101945
[thumbnail of SKRIPSI_EVA_KURNIA_PRISTA__105110100111061.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_EVA_KURNIA_PRISTA__105110100111061.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item