Tinjauan Psikologi Perkembangan Anak Pada Tokoh Gen Pada Masa Perang Dunia II dalam Film Animasi Hadashi no Gen Karya Sutradara Mori Maasaki.

Septiana, Dian (2015) Tinjauan Psikologi Perkembangan Anak Pada Tokoh Gen Pada Masa Perang Dunia II dalam Film Animasi Hadashi no Gen Karya Sutradara Mori Maasaki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film Hadashi no Gen merupakan karya sastra lama karya Mori Masaki. Film Hadashi no Gen menceritakan tentang seorang anak kecil berusia sekitar delapan tahun yang tinggal bersama keluarganya di kota Hiroshima. Jepang pada saat itu dalam kondisi Perang Dunia II. Pada film Hadashi no Gen menunjukkan adanya pengaruh lingkungan terhadap perkembangan psikologi seseorang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perang terhadap perkembangan psikologi. Pada penelitian ini, menggunakan pendekatan psikologi perkembangan dari Elizabeth B. Hurlock. Proses perkembangan psikologi pada masa akhir kanak-kanak sangat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial anak. Oleh karena itu pada proses psikologi perkembangan muncul tugas-tugas perkembangan. Tugas-tugas perkembangan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, dan memudahkan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perang memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan psikologis tokoh Gen, sehingga ada lima tugas perkembangan yang tidak dapat diselesaikan. Selain itu perang juga telah membentuk tokoh Gen menjadi seseorang yang bertanggung jawab tinggi melebihi anak seusianya. Penulis menyarankan kepada mahasiswa jurusan bahasa Jepang untuk meneliti konflik batin pada tokoh utama

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/70/051501383
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2015 12:40
Last Modified: 18 Oct 2021 13:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101922
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item