Bentuk-Bentuk Tradisi Yūjo Di Yoshiwara Pada Zaman Edo Dalam Drama Jin Karya Sutradara Yuichiro Hirakawa, Daisuke Yamamuro, Dan Ryutaro Kawashima

Kusumadewi, MadeIndah (2015) Bentuk-Bentuk Tradisi Yūjo Di Yoshiwara Pada Zaman Edo Dalam Drama Jin Karya Sutradara Yuichiro Hirakawa, Daisuke Yamamuro, Dan Ryutaro Kawashima. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebudayaan pada suatu masyarakat dapat digambarkan dalam karya sastra, seperti drama. Salah satu drama Jepang yang menuangkan cerita tradisi dan budaya masyarakat adalah Jin. Drama Jin menceritakan tradisi dan budaya masyarakat pada zaman Edo, termasuk tradisi yūjo. Tradisi yūjo sebagai wanita penghibur di Yoshiwara pada zaman Edo tercermin dalam drama Jin. Pembahasan dalam skripsi ini difokuskan pada bentuk-bentuk tradisi yūjo dengan teori antropologi sastra. Selain antropologi sastra, penulis juga menggunakan teori mise-en-scene sebagai teori pendukung untuk membantu menganalisis adegan dan dialog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analisis dimana penulis akan mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan, bentuk-bentuk tradisi yūjo pada zaman Edo dalam drama Jin dengan menggunakan antropologi sastra. Bentuk-bentuk tradisi yūjo yang tercermin dalam drama Jin dapat dilihat dari segi penampilan dan pekerjaan. Penampilan yūjo dapat dilihat dari tatanan rias dan pakaian. Sedangkan pekerjaan dapat dilihat dari cara promosi dan pekerjaan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bentuk-bentuk tradisi yūjo di Yoshiwara pada zaman Edo dalam drama Jin. Bentuk-bentuk tradisi yūjo di Yoshiwara pada zaman Edo dapat dilihat dari segi penampilan dan pekerjaan. Penampilan yūjo terlihat mewah dan elegan, selain itu penampilan tersebut juga sangat menunjang pekerjaannya. Pekerjaan yūjo dilihat dari cara promosi dan pekerjaannya. Yūjo melakukan promosi untuk menarik perhatian para pelanggan. Sedangkan pekerjaan yūjo ialah melayani pelanggan dengan berbagai keahlian yang dimiliki. Cara promosi dan pekerjaan disesuaikan dengan tingkatan kelas yang dicapai pada saat itu.

English Abstract

社会における文化は、ドラマのように、文献に記載することができる。 日本のドラマは文化的や伝統の物語を注ぎ一つは仁である。仁ドラマは遊 女の伝統を含め、江戸時代の人々の伝統や文化を伝える。江戸時代の吉原 で遊女の伝統として仁ドラマに反映される。 本研究では、文学の人類学的な理論を使って遊女の伝統形状に焦点を 当てている。文学人類学に加えて、支援するためにmise-en-scene の理論 を使用している。本研究で用いた方法は、分析が続いている事実を説明す る記述的分析である。 研究の結果は、仁ドラマにいる江戸時代の遊女の伝統形状が文学人類 学を使用することが示した。遊女を反映される伝統形状は、外観や仕事か ら見ることができる。遊女の外観は、美容術と服から見ることができる。 そして仕事は昇進のやり方と仕事の仕方から分かった。 vii この研究の結論は、仁ドラマにいる江戸時代の吉原の遊女の伝統形状 である。遊女を反映される伝統形状は、外観や仕事から見ることができる。 遊女の外観は豪華やエレガントや仕事の作品の非常に支持するに見える。 仕事は昇進のやり方と仕事の仕方から分かった。遊女は顧客を引き付ける ために昇進をする。遊女の仕事は専門知識で顧客にサービスを提供するこ とである。遊女級に、仕事と昇進のやり方がそれぞれ違った。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/692/ 051601104
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Mar 2016 11:41
Last Modified: 30 Sep 2022 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101920
[thumbnail of MADE INDAH KUSUMADEWI.pdf] Text
MADE INDAH KUSUMADEWI.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item