Enhancing Students’ Achievement In Writing Opinion Through Mind Mapping (A Classroom Action Research At Xi Grader Of Multimedia Class Of Smk Shalahuddin 2 Malang)

Nugraha, NurmansahWira (2015) Enhancing Students’ Achievement In Writing Opinion Through Mind Mapping (A Classroom Action Research At Xi Grader Of Multimedia Class Of Smk Shalahuddin 2 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), setiap siswa kelas XI diharapkan dapat menguasai kemampuan menulis opini. Peneliti menemukan sebuah masalah dalam ranah menulis di kelas XI Multimedia SMK Shalahuddin 2 Malang. Dalam hal ini, siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide mereka dalam bentuk tulisan. Maka dari itu, peneliti membuat sebuah penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ranah menulis opini dengan menggunakan teknik mind mapping. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini telas dilaksanakan dalam satu siklus. Satu siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument penelitian seperti wawancara, lembar observasi dan catatan lapangan, dan tes dalam kegiatan menulis. Hasil penelitan yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran menulis opini dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam ranah tersebut. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan data hasil dari nilai rata-rata pada post-test dan nilai rata-rata sebelum pelaksanaan. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa naik dari 58,75 menjadi 75,8. Selain itu, jumlah siswa yang mampu meraih nilai KKM naik dari 25% atau 2 dari 8 siswa menjadi 81% atau 9 dari 11 siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini dapat mencapai criteria kesuksesan yang telah ditentukan. Peneliti berharap penelitian ini memberi kontribusi kepada siswa-siswa agar dapat meningkatkan kemampuan dalam ranah menulis opini mereka dan juga dapat membantu siswa-siswa dalam mengatasi kesulitan mereka. Di samping itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru atau pengurus sekolah sebagai teknik dalam mengajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Terakhir, peneliti berharap semoga penelitian ini dapat sebagai acuan baru kepada peneliti selanjutnya dalam mengembangkan penelitiannya khususnya dalam mengatasi masalah dalam kegiatan menulis opini di kelas.

English Abstract

Based on Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), every student of XI grade should master writing opinion. The researcher found a problem of writing in XI graders of Multimedia class at SMK Shalahuddin 2 Malang. The students were confused about generating ideas to start writing. Therefore, the writer was designed a study to improve the students’ writing opinion achievement through mind mapping. The study was a classroom action research (CAR) study. This study consists of planning, implementing, observing, and reflecting the action. The study was done in one cycle which was held in two meeting in the implementation of the cycle. The data were collected by using instruments such as interview guide, questionnaire, observation checklist and field note, and test of writing. The result showed that teaching writing opinion through mind mapping could enhance students’ achievement. The result was proven from the data that the mean score of the post-test was higher than the mean score of the preliminary study. There were an improvement of the mean from 58,75 became 75,8. In addition, the students who reached the KKM improved from 25% or 2 out of 8 students became 81% or 9 out of 11 students. This result implied that the criteria of success had been fulfilled. The researcher hopes that this study will bring some contribution to the students to enhance their ability in writing opinion and help them when they find some difficulties in generating ideas. Besides, the researcher hopes that this study can be applied by the teacher or stakeholder of the school as the technique in teaching and learning English to increase students’ achievement. The last, the researcher hopes that this study can be the new reference for further researchers in developing their study to fix some problems in the class especially in writing opinion’s problem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/691/ 051601103
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Mar 2016 10:06
Last Modified: 01 Mar 2016 10:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101919
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item