Fitri, RosyidahNuzqia (2015) The Representation Of Men In Men’s Grooming Product Advertisements On Television. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini merupakan studi tentang analisis wacana kritis pada iklaniklan produk perawatan khusus pria yang di tayangkan di televisi . Ini bertujuan untuk meneliti representasi dari pria melalui pilihan kata dan struktur sintaktikal yang ditemukan di dalam iklan pembersih muka Garnier Men, shampoo Clear Men, Rexona Men, dan losion tubuh Vaseline Men. Rumusan masalah dalam studi ini adalah „bagaimana pria di representasikan di dalam iklan produk-produk kecantikan khusus pria yang di tayangkan di televisi melalui pilihan kata dan struktur sintaktikal?‟. Penulis menggunakan teori dari Fairclough (1989) untuk menganalis data pada studi ini. Pendekatan kualitatif dan dokumen analsis di aplikasikan di dalam studi ini karena data yang digunakan adalah dalam bentuk verbal, yang merupakan delapan ucapan yang ditemukan didalam empat produk perawatan khusus pria yang mengindikasikan representasi dari pria. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat empat representasi dari pria: (1) pria harus memiliki penampilan fisik yang bersih (2) pria harus menjadi seorang pria sejati (3) pria harus memiliki kulit cerah (4) pria harus metroseksual. Selain itu, studi ini juga menunjukkan bagaimana ideologi dikonstruksikan di dalam empat produk perawatan khusus pria tersebut. Selanjutnya, di dalam studi ini juga terungkap bagaimana ideologi dibangun di dalam iklan produk perawatan khusus pria tersebut. Studi ini menemukan bahwa perusahaan-perusahaan pemilik iklan produk perawatan khusus pria tersebut mencoba untuk membangun sebuah ideology tentang „menjaga penampilan fisik merupakan gaya hidup dari pria metroseksual‟. Selanjutnya, hasil analisis struktur sintaktikal dari ucapan-ucapan yang mengindikasikan representasi dari pria menunjukkan bahwa kalimat deklaratif adalah jenis ucapan yang paling sering digunakan oleh perusahaanperusahaan tersebut untuk memberikan informasi tentang produk dan membujuk pemirsa pria untuk membeli produk kecantikan khusus pria mereka. Penulis ingin mengajak peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam di analisis wacana kritis. Penulis selanjutnya dapat mencoba menggunakan teori berdasarkan ahli yang berbeda. penulis juga menyarankan peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian lebih jauh lagi di bidang ini untuk melakukan penelitian dengan pengumpulan data yang lebih bervariasi.
English Abstract
This study is a study of critical discourse analysis in men‟s grooming product advertisements in television commercial. It aims at investigating the representation of men through the lexical choices and syntactical structure found in Garnier Men Face Wash, Clear Men Shampoo, Rexona Men, and Vaseline Men Body Lotion advertisements. There research problem is: „how are men represented in men‟s grooming product advertisements on television through their lexical choices and syntactical structure?‟. The writer used the theory of Fairclough (1989) to analyze the data in this study. Qualitative approach and document analysis were applied in this study because the data were verbal data, which were eight utterances indicating the representation of men found in four men‟s grooming product advertisements. This study reveals that there are four men‟s representations found in four men‟s grooming product advertisements. They are (1) men should have clean physical appearance, (2) men should be a real man, (3) men should have bright skin color (4) men should be metrosexual. Moreover, this study also revealed how the ideology constructed in those men‟s grooming product advertisements. This study discovers that the companies which own those men‟s grooming product advertisements try to construct an ideology that „taking care of physical appearance is the life style of metrosexual man‟ to the minds of Indonesian men viewers since the utterances indicating the representation of men are concerned in taking care of men appearances. Furthermore, the result of syntactical structure of utterances indicating the representation of men in this study revealed that declarative sentences is type of utterances that mostly used by the companies to give information about the products and persuade the men viewers to purchase their men‟s grooming products. The writer would like to invite further researcher to conduct further study in critical discourse analysis. The next researcher can try to find out theory based on the different expert. The writer also suggests the next researchers who are interested in doing further research in this area to conduct research with more variation in data collection.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/680/ 051601092 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 29 Feb 2016 10:44 |
Last Modified: | 29 Feb 2016 10:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101910 |
Actions (login required)
View Item |