Tanjung, ErvinGemala (2015) A Study On Code Switching Used By The English Teacher At Smp Negeri 13 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Proses ketika pembicara beralih dari satu kode ke kode yang lain selama percakapan dikenal sebagai alih kode. Alih kode juga dapat ditemukan dalam kelas bahasa asing. Hal ini digunakan baik oleh guru maupun siswa di dalam kelas. Fenomena alih kode dalam kelas bahasa asing seperti ini juga terjadi di SMP Negeri 13 Malang. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) informasi tentang jenis alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris (2) alasan guru bahasa Inggris dalam menggunakan alih kode. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di kelas VIII B dan C. Ada beberapa metode untuk mengumpulkan data, yaitu mengamati kegiatan kelas, merekam proses belajar mengajar dan wawancara. Data dikumpulkan dari 1 April 2015, sampai 30 April 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesimpulan, guru beralih kode dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Selain itu, alih kode ini terjadi dalam bentuk kata-kata, frase dan kalimat. Jenis alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris tersebut sesuai dengan terminologi seperti: (1) inter-sentential switching, (2) intra-sentential switching dan (3) eksternal code switching. Beberapa alasan yang mempengaruhi guru dalam penggunaan alih kode adalah: (1) menjadi empatik tentang sesuatu (mengungkapkan solidaritas), (2) kata seru (memasukkan pengisi kalimat atau konektor kalimat), (3) pengulangan digunakan untuk klarifikasi and (4) niat mengklarifikasi konten amanat untuk bicara.
English Abstract
The process when a speaker is changing from one code to another during the conversation is known as code switching. Code switching can also be found in foreign language classes. It is used either by teachers or students in a classroom discourse. The phenomenon of code switching in foreign language class also happens in SMP Negeri 13 Malang. Therefore, this study is intended to find out (1) information about the types of code switching used by the English teacher (2) reason of the English teacher in using code switching. This study used descriptive qualitative as the research design. The subjects of the study was the English teacher in VIII B and C class. There were some methods to collect the data, they were observing classroom activities, recording and interview guide. The data was collected from 1st April 2015, until 30th April 2015. The result of the study showed that there were some findings related to code switching used by the English teacher. The teacher switched code from English to Bahasa Indonesia or vice versa. Besides, the English teacher switched code in the form of words, phrases and sentences. The kinds of code switching used by the English teacher was in line writer terminology such as: (1) inter-sentential switching, (2) intra-sentential switching and (3) external code switching. Some reasons that influenced the teacher in using the code switching were: (1) being emphatic about something (express solidarity), (2) interjection (inserting sentence fillers or sentence connectors), (3) repetition used for clarification and (4) intention of clarifying the speech content for interlocutor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/669/ 051601081 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 03 Mar 2016 10:33 |
Last Modified: | 03 Mar 2016 10:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101896 |
Actions (login required)
View Item |