Nilai Moral On, Gimu Dan Giri Dalam Cerita Rakyat Jepang Shita Kiri Suzume, Kiki Mimi Zukin Dan Hanasaka Jiisan

Suryaningtyas, Yulia (2015) Nilai Moral On, Gimu Dan Giri Dalam Cerita Rakyat Jepang Shita Kiri Suzume, Kiki Mimi Zukin Dan Hanasaka Jiisan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk menjalani hidupnya, oleh karena itu manusia perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam proses adaptasi tersebut, akan terbentuk suatu kebudayaan, salah satu bentuk kebudayaan tersebut adalah karya sastra. Karya sastra memiliki berbagai bentuk salah satunya adalah cerita rakyat yang termasuk ke dalam karya sastra lisan. Setiap karya sastra mengandung nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat. Tiga nilai moral yang dianggap penting oleh masyarakat Jepang diantaranya adalah nilai moral on, gimu dan giri. Ketiga nilai moral tersebut berperan penting dalam pembentukan pola pikir masyarakat Jepang, salah satunya adalah mandiri dalam berpikir serta mandiri dalam melakukan tugas. Penulis menggunakan tiga cerita rakyat yang berjudul shita kiri suzume, kiki mimi zukin dan hanasaka jiisan sebagai sumber data. Dalam proses analisis, penulis akan menggunakan teori antropologi sastra dan beberapa teori pendukung lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai moral on, gimu dan giri yang terkandung dalam cerita rakyat Jepang Shita Kiri Suzume, Kiki Mimi Zukin dan Hanasaka Jiisan. Penelitian ini membuktikan bahwa dalam ketiga cerita rakyat tersebut mengandung nilai moral on, gimu dan giri. Pada penelitian berikutnya, penulis menyarankan untuk meneliti tentang nilai moral on, gimu dan giri dengan menggunakan teori psikologi sastra yang erat kaitannya dengan ketiga nilai moral di atas.

English Abstract

人間は、生きるために、他の人を必要とする社会的な生き物である。 従って、人間は周囲の環境に適応する必要がある。人の適応プロセスにお けるは、文化を形成し、その文化形態の一つは文学作品である。文学作品 は様々な形態を持ち、その一つは、口承文学作品を含む民話である。各文 学作品は社会が認めた道徳価値観を含められている。それらの上に、日本 人が重要と考えている道徳的な価値観は3つあり、「恩」・「義務」及び 「義理」である。その道徳的な価値観は日本社会の考え方を形成するにお ける大きいな貢献をしている。その一つは、やるべきことの実行と思考に おける自立ができることである。 著者は、「舌切り雀」・「聞き耳頭巾」及び「花咲か爺さん」とい う民話をソースデータとし、用いる。調査プロセスの中では、文学の人類 学的理論といくつかの他支援理論を用いる。 この調査の目的は、「舌切り雀」・「聞き耳頭巾」及び「花咲か爺 さん」という日本民話の中に含まれている「恩」・「義務」・「義理」と いう道徳的な価値観を調査することとする。この調査は、その三つ共の民 話の中で、「恩」・「義務」・「義理」という道徳的な価値観を含まれて いることを証明する。 今後の調査では、「恩」・「義務」・「義理」という道徳的な価値 観を調査することに当たって、上記の道徳的価値観と密接に関連している 文学の心理学理論を用いるようにお勧めをする。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/662/ 051601074
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 03 Mar 2016 08:03
Last Modified: 03 Mar 2016 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101889
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item