Kerusakan Lingkungan Yang Terdapat Dalam Film Kaze No Tani No Naushika Karya Hayao Miyazaki

Wijanarko, Ardimas (2015) Kerusakan Lingkungan Yang Terdapat Dalam Film Kaze No Tani No Naushika Karya Hayao Miyazaki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film Kaze no Tani no Naushika merupakan film fiksi yang terinspirasi dari keadaan lingkungan di Jepang pada masa itu. Mengkritik bagaimana kondisi lingkungan di Jepang setelah era industri dan pencemaran lingkungan dari industri tersebut, sebagai contohnya pencemaran limbah merkuri di teluk Minamata. Di dalam film tersebut diceritakan oleh sosok Naushika yang sangat cinta dengan lingkungan di Lembah Angin yang memerangi bangsa Pejite dan Tolmeikan yang mencoba merusak alam. Maka penulis tertarik untuk mendeskripsikan masalah-masalah lingkungan tersebut dalam film Kaze no Tani no Naushika. Dalam menganalisa penelitian ini penulis menggunakan teori kritik lingkungan menurut Longman, Garrad dan Harsono, kemudian beberapa unsur dari teori Mise-en-scene menurut ahli film berkebangsaan Perancis. Teknik pengambilan gambar menurut Widagdo dan Winastwan. Untuk penelitian terdahulu penulis menggunakan penelitian dari saudara Indrawardana mahasiswa Universitas Brawijaya (2012) yang berjudul “Isu Lingkungan Hidup Dalam Komik Doraemon Petualangan Seri 12: Nobita dan Kerajaan Awan”. Setelah dilakukan penelitian, penulis menemukan beberapa poin penting terhadap kerusakan lingkungan dalam film tersebut yaitu, kerusakan hutan, masalah pencemaran udara, masalah pencemaran air oleh limbah hasil industri, dan dampak bencana alam yang digambarkan oleh Ohmu. Bencana alam yang digambarkan Ohmu yaitu, monster raksasa yang menyerang seluruh wilayah yang dihuni oleh manusia hingga semua tempat-tempat tersebut hancur. Terdapat beberapa kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh Bangsa Tolmeikan dan Pejite yaitu, dengan membakar hutan mengakibatkan dampak yang sangat besar bagi lingkungan Lembah Angin. Terbakarnya hutan mengakibatkan udara dan air menjadi tercemar karena hutan tidak bisa lagi menetralkan udara dan air tersebut. Kerusakan lingkungan tersebut sangat berdampak pada kehidupan makhluk hidup di Lembah Angin tak terkecuali.

English Abstract

「風の谷のナウシカ」という映画は宮崎駿の漫画から適応して、同じ名前である。フィクション映画になっても、当日の日本環境の状態と同じように映画をつくる。水俣湾における廃棄物の水銀汚染の一例として、この映画は産業革命の後の環境条件と産業で環境汚染を批判する。また、この映画は環境を処理するはずと人間の義務を説明する。メインキャラクターとして、ナウシカは風の谷の環境を守るために、環境を破壊してみるペジテ人とトルメイカン人を戦っていると話されている。著者は「風の谷のナウシカ」である環境問題に関して熱心があって記述する。 この研究は環境批判ロンマンとガラルドとハルソノによって。ミセーアンーシーンのアプローチで分析する。写真とるの技術はワダドとワナストワンによって。以前の研究では、著者らは、民事インドラワルダナ ブラウィジャヤの学生(2012)、発明の名称「のび太と雲の王国コミックアドベンチャーシリーズ12ドラえもんで環境問題」の研究を使用しています。 研究した後で、映画で重要なポイントは森林破壊、大気汚染、水質汚染の問題、オムに記載されている環境災害の影響を発見する。自然災害は、すべての場所が破壊されるまで、人間が住んで地域全体を攻撃オムすなわち、巨大なモンスターを描かれている。 国家トルメイカンとペジテすなわちによる環境被害は、燃える森林環境風の谷に非常に大きな影響をもたらした。空気と水が得られる森林火災が原因もはや空気と水を中和することはできない森林が汚染さ。環境損傷が大幅に風の谷での生き物の生活に影響を与える可能性がある

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/645/ 051506796
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Sep 2015 12:17
Last Modified: 29 Sep 2015 12:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101869
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item